PEMBINAAN NILAI CINTA TANAH AIR UNTUK MEMINIMALISIR DAMPAK NEGATIF DI ERA GLOBALISASI PADA SMPN 83 JAKARTA

Putri Maulida Samsiah, Nadifa Riski Eka Safitri, Annisa Kharisma Murti, Trisna Aprilia, Silvina Maryanti, Alven Danielo, Jaka Putra Lembayungrasa, Katuta Barera, Muhamad Raihan, Fatahillah Zahdi Alqiram

Abstract


Globalisasi memiliki pengaruh positif maupun negatif. Namun, tanpa disadari dampak negatif dapat membahayakan budaya Indonesia. Oleh karena itu, untuk meminimalisir pengaruh negatif generasi muda harus melestarikan budaya Indonesia dengan mempelajarinya. Jurnal ini menjelaskan bagaimana pembinaan nilai cinta tanah air dan meminimalisir dari dampak negatif globalisasi. Jurnal ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti mengumpulkan data dengan diambil melalui google form dan menjelaskan berdasarkan data tersebut. Hasil yang didapatkan memiliki makna bahwa cinta tanah air dapat terlaksana jika ada pendidikan karakter, mayoritas peserta didik siswa/i juga mengetahui cinta tanah air, dan peserta didik mempunyai cara masing-masing untuk mencintai tanah air. Diharapkan peserta didik mampu menghadapi globalisasi terutama dalam teknologi tetapi harus waspada dan mampu menyaring budaya asing yang masuk.

Kata Kunci: Cinta tanah air, globalisasi, budaya, pendidikan karakter, dan teknologi


References


Pandu Rudy Widyatama dan Suhari, “Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Di SMP PGRI 1 Buduran,” Ekonomi Manajemen Bisnis dan Sosial, vol. 3, hlm. 174– 187, Feb 2023.

N. Hafizah, “PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KEBUDAYAAN BANGSA

INDONESIA,” 2023.

Simon Supriadi Sutoyo, “PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA SMK NEGERI MARITAING KABUPATEN ALOR,” Ilmu Pendidikan, vol. 2, hlm. 51-57, Apr 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.