Dekonstruksi Perilaku Pelaku Bullying: Pendekatan dan Strategi Penanganan (Studi Kasus pada Siswa Yayasan Pendidikan Miftahul Jannah)

Siwi Amalia, Yuridha Rhimas Afidati, Nabilla Putri Fandini, Vivit Maudi Lestari, Lela Aryani, Shintya Putri Ananda, Miftakhul Hasanah, Dzimar Auliya, Syafana Irdina Azzahra, Alya Ghaitsa Chatabel

Abstract


Penelitian ini mengulas fenomena perilaku bullying di tingkat SMP Yayasan Pendidikan Miftahul Jannah dengan pendekatan kualitatif dan studi kasus. Subjek penelitian, MK, teridentifikasi sebagai pelaku bullying dengan perilaku fisik dan verbal. Karakteristik MK melibatkan sifat mudah marah, temperamental, dan pola perilaku agresif. Faktor penyebab perilaku bullying mencakup kondisi psikologis sulit dikendalikan, pengalaman masa kecil dengan hukuman fisik, kurangnya laporan dari korban, dan kondisi sosial keluarga miskin. Dampak perilaku bullying terlihat dalam isolasi sosial MK di sekolah. Guru BK terlibat dalam penanganan dengan memberikan teguran, sanksi, dan konseling. Kolaborasi antara guru BK, wali kelas, dan orang tua dilakukan. Usulan intervensi sekolah mencakup penerapan pendekatan kedisiplinan, penguatan korban, mediasi antara pelaku dan korban, kegiatan rekreasional bersama, bimbingan kelompok, dan peningkatan empati. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi, menganalisis, dan memberikan pemahaman terhadap fenomena bullying di Yayasan Pendidikan Miftahul Jannah. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya pencegahan dan penanganan perilaku bullying di lingkungan sekolah, dengan melibatkan aktifitas guru BK, wali kelas, orang tua, dan seluruh warga sekolah.

Kata Kunci: Bullying, perilaku fisik dan verbal, karakteristik pelaku, faktor penyebab, dampak dan penanganan


References


Astuti, R. 2008. Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Bandura, A. 1986. Social Foundation of Thought and Action, A Social Cognitive Theory. New Jersey: Prentice Hall

Bandura, A. 1997. Self- Efficacy: The Exercise of Control. United State of America: W.H.Freeman and Company

Coloroso, B. 2003. The Bully. The Bullied, and The Bystander: Fom Preschool To High School- How Parents and Teachers Can Help Break The Cycle of Violence. New York: Harper Resource

Corey, G. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychoteraphy, Terj. E.Koswara. 2013, Bandung: Refika Aditama

Craig, W.M. & Atlas, R. 2000. Observation of Bullying in the Playgroup and in the Classroom. Journal of Publich Health, 21 (1).

Efrord, B.T. 2015. 40 Techniques Every Counselor Should Know, Ed.2, Terj. Helly Prajitno Soetjipto. 2016, Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.