FENOMENA KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK

Nanda Keisya, Dhea Nanda Ariyanti, Felisha Ryan Ammara, Natasya Aulia Putri, Aprillia Bahrullah, Najwa Ramadhania Yasin Putri, Natasya Ruth, Aryo Aryo, Fearel Bagus Wicaksono, Muh. Yudha Satria Wijaya, Muhammad Gilang Ramadhan

Abstract


Fenomena kekerasan seksual pada anak masih menjadi masalah serius di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena kekerasan seksual anak pada tahun 2021—2023 di DKI Jakarta dengan fokus pada korban, pelaku, dan motif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi literatur dan wawancara ahli. Hasil penelitian menjelaskan bahwa rentang usia korban kekerasan seksual anak adalah 6—12 tahun yang mencakup anak perempuan dan laki-laki, sedangkan rentang usia pelaku antara 11—72 tahun yang semuanya dilakukan laki-laki. Beberapa motif pelaku melakukan kekerasan seksual pada anak di antaranya 1) pelaku tidak kuat menahan hasrat seksualnya, 2) pelaku pernah menjadi korban kekerasan seksual sebelumnya, dan 3) adanya relasi kuasa. Dampak dari kekerasan tersebut menyebabkan korban mengalami trauma berat, bahkan ada yang hampir bunuh diri.

Kata Kunci: Kekerasan Seksual, Anak, DKI Jakarta


References


Arini Fauziah Al Haq, Santoso Tri Raharjo, Hery Wibowo. (2014). Kekerasan Seksual Pada Anak di Indonesia. Prosiding KS: Riset &

PKM, 2(1): 31-36.

CNN Indonesia. (2022, 14 Juli). Kasus pelecehan seksual di DKI

Jakarta meningkat. Diambil dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220714071745-20-821290/kasus-pelecehan-seksual-didki-jakarta-meningkat/amp.

Depok Tribunnews. (2022, 30 Maret). Tukang siomay pelaku pencabulan bocah di Jagakarsa akhirnya ditangkap polisi. Diambil dari https://depok.tribunnews.com/amp/2022/03/30/tukang-siomay-pelaku-pencabulan-bocah-di-jagakarsa-akhirnyaditangkap-polisi?page=all.

Detik News. (2021, 17 November). Kejinya guru kursus nodai 14

bocah laki-laki di Lenteng Agung, korban ada yang dinodai

belasan kali. Diambil dari https://jakarta.tribunnews.com/amp/2021/11/17/kejinya-guru-kursus-nodai-14-bocah-laki-laki-di-lenteng-agung-korban-ada-yang-dinodai-belasan-kali?page=all.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.