FENOMENA PERUNDUNGAN SIBER DI MEDIA SOSIAL TIKTOK

Paskalina Angela Renyut, Rachel Jois Alvito Sugiyanto, Izatun Nufus, Annisaa Salsabila, Vannisa Nurhaliza, Meta Khatimah Hani, Nur Tiara Putri, Nabila Bilkis, Marta Mega Aurell Agnesia Lumbantoruan, May Listiani, Micha Deborah Putri Telaumbanua

Abstract


Tiktok merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Namun, Tiktok tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga ada dampak negatif, salah satunya adalah perundungan siber. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab pelaku perundungan siber di akun Tiktok Fuji. Pendekatan yang digunakan dalam metode ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaku melakukan perundungan siber karena iri dan tidak suka terhadap fuji, isi komentar dari video Tiktok fuji penuh fitnah seperti mengatakan bahwa penulis film kecewa dengan akting fuji. Ini adalah jenis bullying verbal dan sering terjadi di media sosial, terutama Tiktok.

Kata kunci : Social media, Tiktok, perundungan siber


References


Saputra, V. R., Dhuatu, C. H., & Giyato, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Mood Booster (the Usage of Tiktok App To Increase Mood Level). Indonesian Fun Science Award, 2(1).

Aser, F. G., dkk. (2022). "Fenomena Cyberbullying di Media Sosial TikTok" Kiwari Vol. 1, No. 3, Hal 449-453

Maya, N. (2015). “FENOMENA CYBERBULLYINGDI KALANGAN PELAJAR”. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.