DAMPAK INTOLERANSI TERHADAP POTENSI DIRI DAN KUALITAS BELAJAR (Suatu Kajian di SMA Cindera Mata, Bekasi)
Abstract
Intoleransi merupakan salah satu masalah yang serius di Indonesia. Berbagai macam konflik antar-golongan kerap kali terjadi karena kondisi Indonesia yang multikultur. Kasus intoleransi ini terjadi di semua lingkungan sosial, termasuk sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah intoleransi memiliki dampak terhadap pengembangan potensi diri dan kualitas belajar siswa di SMA Cindera Mata atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi di mana informasi dikumpulkan dari lima belas responden yang merupakan guru Sosiologi dan Olahraga serta murid kelas 12. Hasilnya menunjukkan bahwa intoleransi menghambat proses pengembangan diri siswa dan dapat mempengaruhi kualitas belajarnya jika semua kegiatan dilakukan secara luring. Selain itu, lingkungan juga memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengembangan diri siswa.
Kata kunci : Intoleransi; Potensi diri; Kualitas belajar
References
Haryati, T., & Rochman, N. (2012). Peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui praktik belajar kewarganegaraan (project citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS, 2(2), 1-11. Diambil dari
https://journal.upgris.ac.id/index.p hp/civis/article/viewFile/459/413
Indrawan, D., & Jalilah, S. R. (2021). Metode kombinasi/campuran bentuk integrasi dalam penelitian. jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 735-739. Diambil dari https://e- journal.my.id/jsgp/article/view/145 2/1234
Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan tes hasil belajar matematika materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan untuk siswa kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20(2), 151-
Diambil dari https://e- journal.usd.ac.id/index.php/JP/arti cle/view/872/688
Puspadini, M. (2021, 29 Oktober). Intoleransi di Indonesia capai 54 persen, ini penyebabnya. Medcom.id. Diambil dari https://www.medcom.id/nasional/p eristiwa/eN43rx1K-intoleransi-di- indonesia-capai-54-persen-ini- penyebabnya
Rahma, T., Lemuel, Y., Fitriana, D., Fanani,
T. R. A., & Sekarjati, R. D. L. G. (2022). Intolerance in the flow of information in the era globalization: How to approach the moral values of Pancasila and the constitution?. Indonesian Journal of Pancasila and Global Constituonalism, 1(1), 33-118. https://doi.org/10.15294/ijpgc.v1i1
.56878
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. Diambil dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/i ndex.php/naturalscience/article/vie w/1555/1159
Solihat, S., Nurfitri, T., & Nawarini, A. T. (2020). Pengaruh potensi diri, lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi di MAN 1 Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, 22(3), 368-377. Diambil dari
https://jp.feb.unsoed.ac.id/index.ph p/jeba/article/viewFile/1645/1611
Wahyuni, N. (2014). In-depth interview (wawancara mendalam). Binus University. Diambil dari https://qmc.binus.ac.id/2014/10/28
/in-depth-interview-wawancara- mendalam/
Refbacks
- There are currently no refbacks.