UPAYA PENCEGAHAN TINDAK KORUPSI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Zhidan Zein Ramadan, Vikri Al Ansori, Muhamad Hafiz Aiman, Ratu Maysya Amalia Zahra, Widya Christianti, Najwa Keysha Ardanti, Nayyara Farhana Kurnia, Suci Ariani, Cika Fathiya, Rica Fransisca

Abstract


Penelitian ini membahas bagaimana upaya untuk mencegah korupsi yang dapat dilakukan dalam lingkungan Universitas Esa Unggul. Korupsi adalah jenis perilaku manusia dimana sebuah individu atau kelompok yang memiliki kekuasaan dapat memperoleh keuntungan secara pribadi. Di Indonesia, korupsi sudah marak terjadi dalam bidang apapun, terkhususnya dalam penelitian ini dalam lingkungan universitas dengan kasus penyalahgunaan jabatan, penyelewengan dana anggaran serta pemberian suap dari individu ke kelompok. Penelitian ini lebih condong pada kualitatif. Teknik untuk mengumpulkan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana subjek penelitiannya adalah mahasiswa Universitas Esa Unggul. Upaya yang dilakukan masyarakat Universitas Esa Unggul untuk mencegah terjadinya korupsi yaitu dengan meningkatkan kesadaran melalui edukasi anti korupsi, melakukan pencegahan dengan memantau penggunaan dana secara transparan, memberlakukan sanksi keras kepada pelaku korupsi, dan melaporkan pada pihak yang berwenang.

Kata kunci: Pencegahan, Korupsi, Universitas, Mahasiswa


References


Azra, A. (2002). KORUPSI DALAM PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE. Jurnal Kriminologi Indonesia, 2, 31–36.

Burhanudin, A. A. (2019). Kontribusi Mahasiswa dalam Upaya Pencegahan Korupsi. Jurnal ElFaqih, 5(1), 79–95. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/faqih

Dwi Sartika, Y. (2018). GAYA HIDUP HEDONIS DAN INTENSI KORUPSI PADA MAHASISWA PENGURUS LEMBAGA INTRA KAMPUS. 06(02), 2540–8291.

Dwiputrianti, S. (2019). MEMAHAMI STRATEGI PEMBERANTASAN KORUPSI DI INDONESIA Understanding the Strategy for Eradicating Corruption in the Case of Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi, 6(3), 256–281.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.