PERAN MATA KULIAH PENDIDIKAN KARAKTER UNGGUL (PKU) BAGI MAHASISWA DALAM PENANAMAN KARAKTER UNGGUL

Nur Halisa, Shinta Wahyu Kharisa, Silvia Novelia Ardianti Sudrajat, Asha Fathiah, Dewi Windrati Intiarsih, Putri Intan Nuraini, Riska Putri Ramadhani, Sanaya Khaerunisa, Bunga Aulia Nugraha, Urfi Ysora Claudiyah

Abstract


Pendidikan karakter unggul merupakan suatu proses yang membantu peserta didik mengembangkan karakter yang patut diteledani. Melalui pendidikan karakter yang baik, peserta didik hendaknya mampu memperluas dan menerapkan ilmunya, mempelajari dan menginternalisasikan nilai-nilai karakter, serta merefleksikannya dalam aktivitas sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pentingnya peran mata kuliah Pendidikan Karakter Baik (PKU) bagi mahasiswa dalam mengembangkan karakter baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang menyatakan bahwa data deskriptif dihasilkan dalam bentuk tulisan dan ucapan orang serta perilaku yang diamati. Peran mata kuliah pendidikan karakter unggul memberikan dampak positif dan membantu banyak siswa membentuk karakternya sendiri dan mengembangkan karakternya dalam bidang perasaan, pemikiran dan perilaku.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter Unggul, Mahasiswa, Perilaku


References


Adisusilo, Sutarjo. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pendidikan Karakter

Konstruksi Teori & Praktik. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Agus, A. S. (2020). Penanaman Karakter Pada Generasi Muda Perlu Terus Diperkuatkan. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan. Vol 1, No 2. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasinya). Bandung: Alfabeta.

Aniyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum.

Anonim.(2023). Penanaman dan Pembentukan Karakter Mahasiswa di Era Globalisasi Modern. [Artikel Online]. Diakses dari https://www.kompasiana.com/radenagung8160/64d5ea7a4addee4cea72e602/penanama n-dan-pembentukan-karaktermahasiswa-diera globalisasi-modern.

Arifin, Imron. (2012). Pendidikan Karakter Konstruksi Teori & Praktik. Yogyakarta: ArRuzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.