MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP DAMPAK PERUNDUNGAN DAN UPAYA PENCEGAHANNYA

Hizkia Indranata, Muhammad Sabiili Rahmat, M. Brillian Pradana Iskandar, Haeckal Al Kautsar, Kheren Natanya Yuvitri, Vikri Adi Putra

Abstract


Dampak bullying yang kerap terjadi terhadap minat belajar di bidang pendidikan menjadi sorotan bagi semua kalangan dengan konsekuensi yang fatal bagi seluruh elemen pendidikan. Abstrak ini mengeksplorasi dampak yang merugikan dalam konteks pendidikan. Korban sering mengalami kehilangan minat belajar sehingga prestasi akademis menurun karena tingkat stres dan kecemasan yang tinggi, menghambat proses belajar . Dampak bullying juga menyebar ke sektor emosional yang meluas ke kesehatan mental dengan menimbulkan luka psikologis berjangka. bullying juga menghalangi proses bersosialisasi dengan teman sebaya, menciptakan suasana ketakutan dan permusuhan yang merusak rasa keharmonisan untuk pembelajaran efektif. Pendidik dihadapkan pada situasi sulit untuk menciptakan lingkungan aman sambil mengatasi problematika dari bullying. siswa, guru, dan orang tua adalah kunci untuk mengurangi masalah yang meluas ini dan memupuk budaya pendidikan inklusif, merangsang prestasi akademis dan kesejahteraan emosional.

Kata Kunci: Minat Belajar, Dampak Perundungan, Upaya Pencegahan


References


Alika, H. I. (2012). Bullying as a Correlate of Dropout from School among

Adolescents in Delta State: Implication for Counselling. Education, 132(3).

Astuti, P.R. (2008). Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan pada Anak. Jakarta: PT Grasindo.

Coroloso, B. (2006). Penindas, Tertindas, dan Penonton: Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU.

Karmila, Rina, dkk. (2017). Faktor yang mempengaruhi Bullying pada Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Kecamatan Syah Kuala Banda Aceh, Vol. 8 No. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.