PERILAKU PERUNDUNGAN DAN DAMPAKNYA BAGI PRESTASI AKADEMIK DIKALANGAN SISWA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Lena Septiani Kurnia, Juanita Alexandra Putri Hursepuny, Meisya Indi Aulia, Atika Nuraini, Muhamad Ravy Tryyandany, Nurul Ichsan Chaerandy, Muhammad Jordy Putra Indrawan, Bagas Arya Wira Ardana Silalahi, Agusnard Rynaldi Waani, Muhammad Rizki

Abstract


Penelitian ini membahas tentang dampak tindakan perundungan terhadap prestasi akademik siswa SMP. Peneliti akan melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui perilaku perundungan dan dampak terhadap prestasi akademik siswa di lingkunganSMP. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk perundungan dapat dikelompokan menjadi tiga kategori, yaitu perundungan fisik, perundungan verbal dan perundungan relasional. Dampak dari perundungan juga mempengaruhi mental dan psikologis korbannya sehingga membuat korban kesulitan untuk fokus, tidak percaya diri, tertekan di lingkungan sekolah, dan kehilangan motivasi belajar, dan dapat disimpulkan bahwa perundungan sangat mempengaruhi prestasi akademik siswa.

Kata kunci: Perilaku Perundungan dan Prestasi Akademik


References


Ahmadi, K., Khodadadi, M., & Ghahramani, M. (2014). Hubungan antara perundungan dan prestasi akademik: Sebuah meta-analisis. Procedia - Ilmu Sosial dan Perilaku, 114, 397-401.

Espelage, D. L., & Swearer, S. M. (Eds.). (2004). Perundungan di sekolah-sekolah Amerika: Perspektif sosial-ekologis tentang pencegahan dan intervensi. Lawrence Erlbaum Associates.

Gini, G., & Pozzoli, T. (2009). Hubungan antara perundungan dan masalah psikosomatis: Sebuah meta-analisis. Pediatrics, 123(3), 1059-1065.

Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2010). Perundungan, cyberbullying, dan bunuh diri. Archives of Suicide Research, 14(3), 206-221.

Kumpulainen, K., Räsänen, E., Henttonen, I., Almqvist, F., Kresanov, K., Linna, S., ... & Moilanen, I. (1998). Perundungan dan gejala kejiwaan di antara anak-anak usia sekolah dasar. Child Abuse & Neglect, 22(7), 705-717.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.