Dampak Perilaku Perundungan terhadap Perkembangan Pendidikan dan Moral Remaja

Badruddin Yusuf Rahim Saputra, Angelus Brandon Nasarani, Maximilian Alexander Letlora, Wisnu Prayuda, Teguh Eky Andika, Emmanuelle Putra Riyan Sitompul, Titanio Alditia Sorani, Naya Andrisy Ihsania, Nadya Syekha Syafitri, Tiara Sinta Maharani, Larisa Paramesti Jauza Himawan

Abstract


Abstrak penelitian ini menyelidiki dampak perilaku perundungan terhadap perkembangan pendidikan dan moral remaja di lingkungan sekolah. Melalui studi mendalam terhadap 30 siswa, penelitian ini akan menggambarkan bagaimana perundungan mempengaruhi aspek psikologis, sosial, dan akademis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampaknya pada kesejahteraan emosional siswa, kinerja akademis, serta nilai-nilai moral yang mereka miliki di lingkungan sekolah.

Kata kunci: Perilaku Perundungan, Perkembangan Pendidikan, Moral Remaja


References


Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi.,M.Si.(2022) Bullying Marak di Sekolah, Pakar Psikologi Anak UNESA Ungkap Penyebab dan Solusinya.Diakses dari

https://www.unesa.ac.id/bullying-marak-disekolah-pakar-psikologi-anak-unesaungkap-penyebab-dan-solusinya

Bronfenbrenner, U. (1979). Ecology of Human Development: Experiments by

Nature and Design. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Kohlberg, L. (1981). The Philosophy of Moral Development: Moral Stages and the Idea of Justice. San Francisco: Harper & Row.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.