DAMPAK PENDIDIKAN KARAKTER UNGGUL TERHADAPSIKAP INTOLERANSI DAN TOLERANSI DI KALANGAN MAHASISWA KAMPUS UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Fazlie Mawla Ardi, Rafif Wihanindito, Ahmad Adhan, Theofilus Nicholas, Arina Ramadhani, Yunira Az Zahra Amanda, Adis Pia, Dzaki Dhiya Putra, Puti Zahra, Marchella Kristy Wijaya, Calista Margaretha Tumbelaka

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pendidikan karakter unggul terhadap sikap toleransi dan intoleransi di kalangan mahasiswa di Universitas Esa Unggul. Penelitian ini akan meneliti sejauh mana implementasi pendidikan karakter unggul di universitas tersebut telah mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap toleransi danintoleransi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan kuisioner, di manadata akan dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan kepada sejumlah mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Esa Unggul, dengan samplepertanyaan antara lain: pernahkah anda merasa dikucilkan karena status ekonomi? Pernahkah anda mengucilkan seseorang yang anda anggap status ekonominya dibawah anda? Pernahkah anda melihat seseorang dikucilkan karena status ekonomi? Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas pendidikan karakter unggul dalam mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap toleransi dan intoleransi. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan dasar bagi pengembangan program pendidikan yang lebih efektif dalam mempromosikan sikap toleransi di lingkungan kampus dan masyarakat luas.

Kata kunci: Toleransi, Intoleransi, Pendidikan karakter unggul, Status Ekonomi


References


Hardi, M. (2022). Pengertian Toleransi dan Contoh Sikap yang Penting untuk Diterapkan. Gramedia. Com. https://www. gramedia.com/literasi/toleransi.

Berita hari ini. (2020). Pendidikan Karakter Sebagai Pondasi Pendidikan yang Bersumber dari Pancasila. Kumparan. https://kumparan.com/berita-hari-ini/pendidikan-karaktersebagaipondasipendidikan-yang-bersumber-dari-pancasila-1ufBkzLSU15/

Dr. Dede Holid. (2023). Lingkungan Sikap Toleransi: Upaya Meningkatkan Keharmonisan Masyarakat. Solid. https://solid.or.id/lingkungan-sikap-toleransi-upaya-meningkatkan/

Hanum, W., Pertiwi, S., & Weganofa, R. (2015). PEMAHAMAN MAHASISWA ATAS METODE PENELITIAN KUALITATIF: SEBUAH REFLEKSI ARTIKEL HASIL PENELITIAN. In LiNGUA (Vol. 10, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.