PENERAPAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM RANGKA MENCIPTAKAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Toriq Prasaya Daramawan, Kevin Kevin, Muhamad Rizky, Rizqillah Rizqillah, Aulia Pratiwi, Jihan Shafira, Karmila Nurul Akrimah, Suci Fauziyah Kamilah, Hany Amalia Eko Putri, Tegar Ayu Ambar Pangesti

Abstract


Sebagai lembaga pendidikan tinggi, sekolah memiliki potensi besar dalam mempengaruhi pola pikir dan perilaku peserta didiknya serta mempengaruhi masyarakat sekitar. Namun, kurangnya pemahaman terhadap permasalahan lingkungan, kurangnya minat terhadap pengelolaan limbah dan sumber daya, serta kurangnya tindakan nyata dapat menjadi hambatan dalam menciptakan sekolah yang berbudaya lingkungan. Artinya setiap orang harus memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan rasa kewajiban terhadap lingkungan. Salah satu sekolah di Jakarta Barat adalah SMP Negeri 248 Jakarta yang menerapkan sekolah hijau dalam kegiatan akademik. Secara analisis mengenai kondisi lingkungan sekitar sekolah, termasuk potensi ancaman seperti polusi udara, air, atau limbah. Penekanan pada pentingnya pendidikan lingkungan dalam membentuk karakter siswa dengan menciptakan generasi yang peduli terhadap keberlanjutan. Inisiatif dan kegiatan yang melibatkan komunitas sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan , SMP Negeri 248 Jakarta dapat terus mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mewujudkan visi dan misi Adiwiyata, serta terus berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di tingkat sekolah dan masyarakat sekitar.

Kata kunci : program adiwiyata, lingkungan sekolah, peduli


References


Arif, Pratomo. (2008). Bahasa Iklan Sabun Mandi pada Radio di Yogyakarta. Skripsi. Surakarta: UMS Vol 6(4)

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Darning et, al. (2016). Peran Program Adiwiyata Dalam Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Siswa : Studi Kasus Di SMK N 2 Semarang. Jurnal Unnes. Vol 5(1).

Muhammad Yunus, Mukhneri Mukhtar, dkk. (2020). Evaluasi Penyelenggaraan Program Adiwiyata di Provinsi Kepulauan Riau.

Ngadiyono, N., & Abdullah, G. . (2022). Manajemen Program Adiwiyata di SMP N 3 Lasem . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8024–8032.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.