PERAN PENTING MAHASISWA ESA UNGGUL DALAM MELESTARIKAN BUDAYA TARI DI ERA MODERN

Varel Rizal Abdul Maliq, Septo Ariek Hidayatulloh, Muhammad Reza Alamsyah, Zainal Abidin Hamid, Muhammad Rayhan Alfarisi, Reny Happy Susilawati, Nara Yukarita, Syifa Aulia, Syifa Hidayatull Rochmah, Livia Amanda Rahmanita

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi dan menganalisis peran krusial mahasiswa dari Universitas Esa Unggul dalam usaha pelestarian budaya tari di era modern. Fokus utama penelitian ini adalah pada kearifan lokal sebagai elemen sentral yang mendorong pemahaman bagaimana mahasiswa, sebagai agen perubahan kunci, dapat secara efektif memainkan perannya dalam menjaga keberlanjutan dan relevansi budaya tari di tengah dinamika tantangan era digital. Metodologi penelitian melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis literatur untuk merinci kontribusi mahasiswa Esa Unggul dalam merawat warisan budaya melalui berbagai kegiatan dan inisiatif, termasuk pemanfaatan teknologi digital. Temuan penelitian ini memberikan wawasan yang berharga terkait peran proaktif mahasiswa dalam mempertahankan keanekaragaman budaya tari di lingkungan perguruan tinggi, dengan implikasi positif untuk kesadaran masyarakat dan identitas kultural di era modern.

Kata Kunci: Kearifan Lokal, Budaya Tari, Mahasiswa, Pendidikan Tinggi, Era Modern


References


Adzki. (2010, Januari 8). Budaya Lokal Sebagai Salah Satu Identitas Bangsa. Diakses di adzki.wordpress.com: https://adzki.wordpress.com/2010/01/08/budaya-lokal-sebagaisalah-satu-identitas-bangsa/ pada 23 Mei 2023.

Aris, N. (2023). Pengaruh Budaya Asing Terhadap Kesadaran Kalangan Muda. Jurnal, 11.

Haftafilia, M. I. (2023). Analisis Peran Perempuan dalam Pelestarian Budaya Lokal di. Jurnal Socia Logica, 8.

Pasena, R. S. (2022, December 13). Pengaruh Budaya Asing Terhadap

Masyarakat Indonesia. Retrieved from kumparan.com:

https://kumparan.com/radikasatriodwi-pasena/pengaruhbudaya-asingterhadapmasyarakat-indonesia1zQqmbYChRy


Refbacks

  • There are currently no refbacks.