HUBUNGAN SENIORITAS TERHADAP KASUS BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Fahmi Ammar, Muhamad rahan, Puspita Chairun Nisa, Ahmad Ghifari Azzamsyah

Abstract


Bullying merupakan suatu tindakan kekerasan baik secara verbal, fisik, sosial, dan seksual. Tindakan bullying ini adalah akibat dari sikap senioritas yang sering terjadi di lingkungan sekolah. Sasaran dari tindakan bullying ini adalah mereka yang lemah. Sikap senioritas yang semena-mena berimbas terjadinya tindakan bullying yang mana kebanyakan korban adalah junior mereka yang lemah.

     Poin utama permasalahan yang akan kami teliti di projek ini adalah “Pengaruh senioritas terhadap kasus bullying di lingkungan sekolah” yang bertujuan untuk mengetahui mengapa sering terjadi bullying antara Senior-Junior di SMAN 70 Jakarta, tanggapan mengenai sikap senioritas yang ada di SMAN 70 Jakarta. Dalam kegiatan studi riset ini kami menerapkan kaidah observasi kualitatif, dimana kami memilih sistem kuisioner, dokumentasi dan wawancara untuk mengumpulkan suatu data yang relevan dengan permasalahan yang sedang terjadi. Objek penelitian yaitu murid dan guru bidang kesiswaan SMAN 70 Jakarta.

References


Agustin, S, M. (2014). Komunikasi Peer-Group tentang Konsep Kekerasan dan Bullying (Studi Groupthink Theory & Sosialisasi Anti Kekerasan dan Bullying pada Siswa SMA Negeri 70, Bulungan-Jakarta). Jurnal Al - AZHAR INDONESIA, 2(3), 208–221. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SPS/article/view/170

Asnawi, M, H. (2019). Pengaruh Perundungan Terhadap Perilaku Mahasiswa. Jurnal Sinestesia, 9(1), 33–39. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/46

Lohy, M. ., & Pribadi, F. (2021). Kekerasan dalam senioritas di lingkungan pendidikan. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 5(1), 159–171.

Nur’aeni, E. (2017). Pengendalian sosial dalam mengatasi senioritas siswa. 1–8.

Pratama, R. . (2008). Pengaruh bullying terhadap hubungan antar manusia. 1, 1–7. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf%0Ahttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Six+easy+pieces:+essentials+of+physics,+explained+by+its+most+brilliant+teacher#0%0Ahttp://arxiv.org/abs/1604.07450%0Ahttp://www.theory

Rosyalina, R, A. (2017). ( Studi Kasus SMKN 29 Jakarta Selatan ) (Issue 1112111000004).

Safitri, N., & Mugiarso, H. (2022). Pengaruh Budaya Senioritas terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.124

Ulfah, W. ., Mahmudah, S., & Ambarwati, R. . (2012). Fenomena school bullying yang tak berujung. 27(4), 467–468.

Usman, I. (2013). Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah Dan Perilaku Bullying. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 10(1), 49–60. https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.328

Zakiyah, E. ., Humaedi, S., & Santoso, M. . (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352


Refbacks

  • There are currently no refbacks.