PENYEBAB TERJADINYA BULLYING DI SEKOLAH JABODETABEK

Tiara Apriliani Carolina, Nancy Bertua Clarisa, Nabilah Ardelia, Mira Publisisari, Nadya Gita Prameswari, Lusi Lumintan, Helmi Aleda Tallo Manafe, Danta Abdi Prasetya, Ahmad Sofyansyah, Eleazar Hendra Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya bullying dan dampak bullying yang terjadi di dunia Pendidikan khususnya di sekolah yang berada di jabodetabek. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Manfaat dari penelitian secara teoris dapat mengetahui informasi tentang tindakan bullying, secara praktis 1.) bagi siswa, mengetahui informasi bentuk tindakan bullying, 2.) bagi guru, dapat mengetahui informasi bentuk tindakan bullying sehingga guru dapat mencegah terjadinya bullying, 3.) bagi sekolah, mengetahui informasi tentang bullying sehingga sekolah mampu memikirkan solusi yang tepat untuk meminimalkan terjadinya tindakan bullying di sekolah. hasil penelitian menunjukan bahwa faktor lingkungan mempengaruhi sikap seseorang, pola asuh orang tua dapat mempengaruhi penyebab terjadinya bullying karena kurang nya kasih sayang atau pun kurangnya perhatian, faktor pertemanan yang tidak sehat akan menyebabkan seseorang menjadi pelaku bullying.

Kata kunci: Faktor-Faktor, Penyebab dan Dampak Bullying


References


Setiyawan R, Yogyakarta UM. Perundungan sesama siswa di sekolah. 2022;(January):0-15. Mengenai Perilaku Bullying di Sekolah. Indones J Community Serv. 2023;3(2):69-74. 331-948-1-PB.

Dewi C. PENGARUH KARAKTER, POLA ASUH DAN MASALAH ORANGTUA TERHADAP PERILAKU ANAK DI SEKOLAH Chandra Dewi. (16):28-37. Bentuk S. Jurnal kependidikan. 2022;10(2):325-344.

Borualogo IS, Gumilang E. Kasus Perundungan Anak di Jawa Barat : Temuan Awal Children ’ s Worlds Survey di Indonesia. 2019;6:15-30. doi:10.15575/psy.v6i1.4439

Rigianti HA, Guru P, Dasar S. Penyuluhan Pada Orangtua Mengenai Perilaku Bullying di Sekolah. Indones J Community Serv. 2023;3(2):69-74. 331-948-1-PB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.