TINDAKAN PERUNDUNGAN DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR MEMPENGARUHI KONDISI FISIK DAN PSIKIS KORBAN

Nur Sita Febriyanti, Sherline Dwiningthyas, Nurbaiti Ningrum, Tia Azzhara, Farhan Hadi Prayoga, Muhammad Syaiful Nurohman, Alsar Martunas Marbun, Dimas Pandwi Saputra, Dafa Al-Ghifani, Radhitya Naufal Avianto

Abstract


Bullying atau dikenal juga dengan istilah mobbing merupakan suatu tindakan merugikan, baik secara verbal maupun fisik, yang biasanya dilakukan oleh seorang individu atau sekelompok orang, yang dapat menimbulkan dampak serius terhadap kesehatan fisik atau mental. Hak asasi manusia para korban dilanggar. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengedukasi masyarakat khususnya siswa sekolah dasar agar menghindari segala bentuk perundungan karena dapat mengganggu keseimbangan fisik dan mental korbannya. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah wawancara langsung. Wawancara langsung menunjukkan bahwa korban bullying menderita berbagai masalah psikologis, antara lain mudah tersinggung, marah berlebihan, depresi, rendah diri, cemas, kualitas tidur buruk, bahkan menyakiti diri sendiri. Saran Jika Anda melihat adanya perilaku bullying, beranikan diri anda untuk menindak pelakunya atau laporkan ke pihak sekolah seperti wali kelas atau guru bimbingan karir agar pelaku tidak mengulangi perilaku tersebut. Dengan begitu, sekolah dapat mendidik siswanya dengan lebih baik dan memberikan informasi kepada mereka tentang bahaya perundungan dan hukuman yang akan dijatuhkan bagi pelakunya.

Kata Kunci : Perundungan, Kesehatan psikologi dan fisik, Sekolah Dasar


References


Adiba, Vara. 2022. TINDAKAN PERUNDUNGAN DI KALANGAN REMAJA MEMPENGARUHI.

Aganis, Anastasya Putri. 2021. “Regulasi Anak Sebagai Pelaku Tindak Perundungan Yang Menyebabkan Korban Bunuh Diri.”

Anzani et al. 2020. “Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah.” 2: 180–93.

Fathoni, Anang, and Bayu Prasodjo,. 2022. “Perundungan Dunia Maya Dan Dampaknya Bagi Perkembangan Sosial Remaja.” Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9(3): 306.

Habibah, Nur. 2015. PERBEDAAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING

DITINJAU DARIPOLA ASUH ORANGTUA PADA REMAJA DI SPM AL-ULUM TERPADU MEDAN. Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.