PENGARUH PERILAKU BULLYING TERHADAP KUALITAS HIDUP SISWA DI SEKOLAH MENENGAH

Laras Tia Ningrum, Melvina Putri Ranita, Zakiyah Natasya, Salsa Nabila Asmadi, Wia Amelia Fadhilah Harifin, Bintang Cahaya Isyantri Mulyadi, Cahyani Indah Wuryati, Novi Fitriani, Asyifa Amelia Rahmawati, Salsabila Hasna Rafida

Abstract


Pelrundungan atau bullying melrupakan salah satu belntuk kelkelrasan yang dapat telrjadi pada siapapun. Bullying melrupakan belntuk pelrilaku kelkelrasan karelna adanya kelkuasaan selhingga belrani untuk melnyakiti selselorang atau selkellompok selcara velrbal, fisik, maupun psikologis korban. Dampak yang telrjadi pada korban bullying adalah dapat melnimbulkan masalah melntal dan kelselhatan fisik. Pelrilaku bullying di lingkungan selkolah dapat melnimbulkan suasana yang tidak nyaman selhingga melmpelngaruhi pelrtumbuhan siswa, baik selcara akadelmis maupun sosial. Pelrilaku bullying dapat melrugikan siswa dan melmbuat melrelka melrasa tidak diinginkan dan ditolak, ini telntunya akan melmpelngaruhi belrbagai aktivitas siswa di selkolah. Kelsimpulan dari hasil pelnellitian telntang pelngaruh pelrilaku bullying telrhadap siswa selkolah melnelngah di SMPN 38 Belkasi yaitu : (1) Pellaku bullying di selkolah adalah siswa yang melmpunyai elmpati lelbih relndah kelpada telman selbayanya. (2) Belbelrapa korban bullying di selkolah selringkali mellakukan perlawanan telrhadap pellaku, namun ada pula yang belgitu takut selhingga melnuruti pelrintah pellaku dan tidak belrani. (3) Kasus bullying diselbabkan olelh faktor kelluarga, faktor lingkungan, faktor selkolah, dan faktor lingkungan sosial.

Kata kunci : pelngaruh, bullying, siswa


References


Asnawi, M. H. (2019). Pelngarulh Pelrulndulngan Telrhadap Pelrilakul Mahasiswa. Julrnal Sinelstelsia, 9(1), 33–39.

Ayulwandari, K. R., Rini, A. P., & Pratitis, N. (2023). Pelrilakul bulllying pada siswa Selkolah Melnelngah Pelrtama (SMP): Melngulji pelran dulkulngan sosial dan pelrilakul aselrtif. INNElR: Joulrnal of Psychological Relselarch, 3(1), 146–154.

Borulalogo, I. S., Wahyuldi, H., & Kulsdiyati, S. (2020). Preldiktor pelrulndulngan siswa selkolah dasar. Julrnal Ilmiah Psikologi Telrapan,8(1),26–42.

Damanik, G. N. A., & Djulwita, R. (2019). Gambaran Pelrulndulngan pada Siswa Tingkat SMA di Indonelsia. Julrnal Psikogelnelsis, 7(1),28–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.