ANALISIS AKTIVITAS SMARTPHONE PADA ERA PENDIDIKAN CERDAS DI SMA NEGERI 13 TANGERANG

Jennifer Mulia, Tiara Efni Rizqiana, Nasya Saskia Harditha, Reinaldy Effendy, Raskha Faza Falig Ananda, Muhamad Septiyan, Dimas Rizky Aryo Nugroho, Khoirul Hasan Basri, Cehrika Balqis, Khaila Zahra

Abstract


Peningkatan pesat dalam teknologi informasi, terutama perkembangan smartphone, telah membawa dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sektor pendidikan. Dalam konteks komunikasi, penggunaan smartphone dapat membawa dampak positif dan negatif terhadap kegiatan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap prestasi akademik siswa di SMA Negeri 13 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sebuah cara mengisi kuisioner dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan smartphone pada tiga puluh siswa. Data dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan smartphone mempengaruhi aktivitas akademik siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun banyak spekulasi mengenai dampak negatif ponsel pintar, banyak siswa yang terbantu dalam proses belajarnya.

Kata kunci : Smartphone, Siswa, Prestasi, Belajar.


References


Alifzal, F., Drs. Budi Purnomo., M. P., & Nelly Indrayani, S. Hum., M. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Hnadphone terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi.

Daliani, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (HP) terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMK Hasanuddin Medan. Vol 4 (1).

Ferreira, J. B., Klein, A. Z., Freitas, A., & Schlemmer, E. (2015). Increasing Student Engagement and Retention.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.