PERAN PENDIDIKAN DALAM MENANGGAPI SERTA MENGURANGI PENYEBARAN HOAX DI KALANGAN REMAJA UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Muhammad Ridwan Hafizh, Rendi Syahputra, Ahmad Fauzan Mahakam, Dwi Vendra Prastya, Fauzan Alyfian Akhmal, Brian Otniel Hasibuan, Alya Titani Fadhilah, Siti Syahira Achmad, Seti Ferawati, Nasywa Lutfiah Setiyono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang bagaimana mahasiswa Esa Unggul Jakarta pada Fakultas Desain dan Industri Kreatif menanggapi hoax. Perkembangan hoax yang semakin besar apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini butuh ditangani. Pada hal ini literasi digital sangat amat dibutuhkan untuk membuat daya kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran literasi digital, penggunaan teknologi dalam pembelajaran sudah dilakukan dengan cukup efektif, dan menciptakan daya kritis kepada mahasiswa sehingga mampu membedakan yang mana berita hoax dan mana yang merupakan fakta.

Kata kunci : Hoax, Literasi Digital, internet


References


We Are Social. Digital 2023. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/. Siaran Pers

No.123/HM/KOMINFO/06/2023. Badan Pusat Statistik. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. 31 Agustus 2023.

Muhammad Rosyid Redha (7 Juni 2022) Tangkal Hoax dengan Literasi Digital, kumparan.com ”Literasi digital”,(12 Desember 2023) di Wikipedia

Gema Irhamdhika, Mitigasi Hoax Di Era Disrupsi Melalui Literasi Digital, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 9, No 1 (2022) KemenkoPMK Mahasiswa Harus Siap Hadapi Era Disrupsi. 27 Oktober, 2022. https://www.kemenkopmk.go.id/mahasiswa-harus-siap-hadapi-eradisrupsi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.