Menganalisis Dinamika dan Dampak Hoax dalam Era Digital Di Rumah Sakit ST.Carolus

Lindi Arista Rangkoli, Arif Satria Gulo, Muhammad Zydan Ramadhan, Surdi Koroy, Juan Fredrick Nathanael, Umar Syauqis Salam, Bayu Mukti Aji, Dias Insan Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dinamika dan dampak penyebaran informasi palsu (hoax) dalam era digital di Rumah Sakit ST. Carolus. Studi ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis konten media sosial untuk mengidentifikasi sumber hoax, jenis informasi palsu yang umumnya muncul, serta dampaknya terhadap kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit. Berdasarkan metodologi penelitian yang terinci, penelitian ini mencakup langkah-langkah perencanaan dan persiapan, pelaksanaan penelitian, analisis data, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan rekomendasi. Waktu penelitian dibagi menjadi fasefase tertentu, mulai dari perencanaan hingga penyusunan laporan dan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan kompleksitas ekosistem informasi di rumah sakit, termasuk faktor-faktor seperti ketidakpahaman terhadap informasi medis, konflik kepentingan, dan kelemahan dalam pengelolaan media sosial. Hoax dapat menyebar dengan cepat dan meluas melalui media sosial, memengaruhi persepsi masyarakat tentang kualitas pelayanan kesehatan. Analisis juga mencakup pengaruh media sosial terhadap persepsi penyakit, interaksi pasien, dan dukungan komunitas. Temuan menyoroti pentingnya manajemen informasi yang efektif di era digital, sekaligus mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pengelolaan informasi di rumah sakit.

Kata kunci : hoaks, Era Digital, Rumah Sakit, Pelayanan


References


Potter, W. J. (2018). Media literacy. Sage Publications. Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja. Semantik, 6(1), 11.

Priharyo, R. (2018). Aktivitas Diskominfo Provinsi Jawa Timur dalam Menangkal Hoax dan SARA melalui Literasi Digital.".

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 58–70.

Retnowati, Y. (2015). Urgensi literasi media untuk remaja sebagai

panduan mengkritisi media sosia. Jurnal Perlindungan Aanak Dan Remaja. AKINDO, 314– 331.

Riady, Y. (2013). Literasi Informasi Sejak Dini: Pengetahuan Baru

Bagi Anak Usia Dini. JIVJurnal Ilmiah Visi, 8(2),159–165.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.