EDUKASI PEMAHAMAN KEKERASAN SEKSUAL PADA SISWA SMPN 111 JAKARTA TINGKAT AKHIR

Alfiyan Ramadhan, Adhwa Febrie Nadhira, Ayu Kristyani Nepasiki, Eriska Arsy Adelia

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman siswa terhadap kekerasan seksual pada anak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa jauh pemahaman para siswa SMPN 111 Jakarta terkait kekerasan seksual serta memberikan edukasi dan pemahaman kepada para siswa SMPN 111 Jakarta agar mereka memiliki pedoman dalam bergaul dengan teman dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi, yaitu metode gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif dengan survey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa sebelum diberikan edukasi dengan sesudah diberikan edukasi untuk mendefinisikan kekerasan seksual pada anak usia sekolah menengah melalui survey memiliki perbedaan dengan hasil presentase, pemahaman siswa sebelum diberikan edukasi sebesar 37% dan pemahaman siswa setelah diberikan edukasi sebesar 92%. Pengetahuan terhadap kekerasan seksual dominan siswa sudah memahami hal tersebut baik itu kekerasan seksual secara verbal maupun secara langsung. Dengan adanya edukasi tentang kekerasan seksual, siswa diharapkan sudah dapat membedakan jenis-jenis kekerasan seksual sehingga mampu menghindari terjadinya hal tersebut.

    Kata kunci: Kekerasan seksual, Edukasi, Siswa SMP


References


Septiani, Reni Dwi. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Seks pada Anak Usia Dini.

Humas, Sardjito. (2019). Pentingnya Edukasi Kekerasan Seksual Pada Anak Sejak Dini.

Yassir, Muhammad. et. al. (2021). Pendidikan Seksual Pada Anak Remaja di Sekolah SMP Negeri 1 Bambel Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara.

Fridha, Merry., dan Astri Haryanti. (2020).

Comprehensive Sexuality Education

Sebagai Pencegahan Terhadap Kekerasan Seksual Pada Siswa-Siswa SMP 8 Surabaya.

Darmawani, Evia. et. al. (2022). Pemahaman Siswa Terhadap Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah Melalui Media Sosial.

Febriawati, Henni. et. al. (2018). Pendidikan Seksual Remaja Melalui POSKESJA.

Kemdikbud. (2021). Melindungi Diri dari Kekerasan Seksual di Sekolah.

Kemdikbud. (2020). Hentikan Kekerasan.

Isnaini, Zakia Futuh., dan Maulana Rezi Ramadhana. (2021). Peran Komunikasi Orang Tua dan Remaja dalam Pencegahan Kekerasan Seksual.

Ashila, Bestha Inatsan., dan Naomi Rahulina Barus. (2021). Kekerasan Seksual pada Laki-Laki Diabaikan dan Belum Ditangani Serius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.