TRANSFORMASI PENGETAHUAN KESEHATAN MASYARAKAT DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEWASPADAAN TINDAKAN KEKERASAN SEKSUAL PADA REMAJA

Azwar Fiqih Hasugian, Aisyane Aura Cahya Restiawan, Ajeng Marshanda Putri, Drisella Putri Syakila

Abstract


Berbagai bentuk kekerasan di lingkungan sekolah menjadi problematika penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, sementara keberadaan undang undang perlindungan anak sekolah saat ini masih bersifat sporadis. Hasil monitoring dan evaluasi KPAI 2012 menunjukkan bahwa 84% anak Indonesia pernah mengalami kekerasan di sekolah. salah satu cara yang diprediksi dapat mencegah terjadinya kekerasan seksual adalah memberikan pendidikan terhadap anak tidak hanya ilmu pengetahuan dan teknologi namun juga aspek nilai dan moral. Penelitian bertujuan untuk menyelidiki dan meneliti masalah kekerasan seksual yang terjadi pada remaja. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey dengan cara wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahawasanya pendidikan yang diberikan orang tua dan guru saja tidak cukup untuk mencegah seseorang melakukan kekerasan seksual oleh karena itukorban hanya bisa menghindar dan meminimalisir terjadinya kekerasan seksual pada dirinya. Disarankan pemerintah melakukan sosialisasi mengenai adanya layanan kelompok kerja (pokja) untuk pencegahan dan penanganan kekerasan dan melakukan penindakan secara tegas terhadap pelaku kekerasanseksual.

 

Kata    kunci      :pengetahuan       kesehatan              masyarakat,          kekerasan

seksual,               remaja


References


Ernaya, Sari Bayu Ningsih S. (2018). Kekerasan Seksual Pada Anak di Kabupaten Karawang.

Jurnal Bidan Vol. 4 No.02,Juli, 59-60.

Gultom, M. (2010). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia. PT Refika Aditama , 55.

Indonesia, C. (2021, Desember 20).

Nadiem Bentuk POKJA Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual. https://www.cnnindonesia.co m/nasional/20211220161342- 20-736320/nadiem-bentuk- pokja-pencegahan-dan- penanganan-kekerasan- seksual

Mannika, G. (2018). Studi Deskriptif Potensi Terjadinya Kekerasan Seksual Pada Remaja Perempuan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.7 No.1, 2541- 2543.

Purba, C. (2021, September 29).

Siaran Pers Komnas Perempuan Memperingati Hari Aborsi Aman Internasional, https://komnasperempuan.g o.id/siaran-pers- detail/siaran- pers-komnas- perempuan- memperingati- hari-aborsi-

aman-internasional-28- september-jakarta-29- september-2021

Setyawaan, D. (2017, Februari 22). Berdasarkan Rilis KPAI, 84 Persen Anak di Indonesia Mengalami Kekerasan di Sekolah | Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

https://www.kpai.go.id/publik asi/berdasarkan-rilis-kpai-84- persen-anak-di-indonesia- mengalami-kekerasan-di- sekolah

Susanti, D. F. (2019). Perancangan Buku Ilustrasi Pendamping Konseling Untuk Remaja Korban Pelecehan Seksual. Jurnal Tugas Akhir;Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.