PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRAKTIK PEDULI LINGKUNGAN DI WILAYAH KAMPUS

Syahril Hidayat, Ahmad Bahrudin Yusuf, Hasan Sadili Epni, Muhammad Hidayat Tullah, Viona Aulia Putri Patadjenu, Jeni Ladu Bana, Nursiah Nursiah, Fenisa Nurmalia Nursi, Muhammad Hafidzul Akbar

Abstract


Zaman sekarang banyak masyarakat yang tidak memperhatikan kelestarian alam dan memanfaatkan lingkungan untuk kepentingan dirinya sendiri. Berkurangnya kepedulian manusia terhadap lingkungan dapat menimbulkan berbagai permasalahan seperti banjir dan tanah longsor. Kenyataan menunjukkan masih banyak masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan hidup, tidak mengelolanya, dan tidak mempunyai daya yang cukup. Melalui peran guru/dosen dalam pengembangan karakter, peserta didik diharapkan menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungannya. Universitas Esa Unggul merupakan kampus yang terinspirasi dari pemanfaatan alam. Hal ini tercermin dari penyediaan lingkungan kampus yang dapat digunakan sebagai tempat belajar. Selain itu, lingkungan kampus yang asri dan fasilitas yang lengkap memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan karakter setiap mahasiswa. Meskipun pendidikan masyarakat sadar lingkungan di Universitas Esa Ungur sudah baik, namun masih ada sebagian mahasiswa yang belum memahami pentingnya menjaga lingkungan. Oleh karena itu, untuk mengembangkan karakter yang baik diperlukan guru/pengajar yang dapat mengajarkan peran yang baik kepada siswa.

References


Rahmadayanti. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gedong Tataan. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Rosela, & Ganes Gunansyah. (2022). Peran Guru dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Volume 10(1450–1461).

Sifia Triasih. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Nogopuro Sleman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.