PRAKTIK RAMAH LINGKUNGAN UNTUK HIDUP BERKELANJUTAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Andini Larasati, Setia Mangiring Marpaung, Anisah Sri Utami, Sahla Fauziah, Anel Safitri, Lintang Tiaraningrum, Vania Rahmawati, Leny Ramadhani Setiawan, Meyze Hadishopia, Dini Febryana Sari

Abstract


Praktik ramah lingkungan merupakan kunci untuk mencapai hidup berkelanjutan. Dalam praktik ramah lingkungan, kita harus mengurangi penggunaan produk sekali pakai atau disposabel, melalui kebiasaan sehari - hari yang ramah lingkungan, individu dapat berkontribusi pada kelestarian
lingkungan dan mendukung berkelanjutan ekosistem global. Dengan adanya praktik ramah lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan memastikan kelanjutan kualitas hidup. Sekolah-sekolah di Tangerang memiliki pemahaman tentang Kurasaki, tetapi belum sepenuhnya menerapkan program tersebut. Salah satu komponen program Kurasaki adalah sarana pendukung ramah lingkungan yang termasuk ruang terbuka di lingkungan sekolah. Agar sekolah dapat memanfaatkan program tersebut sepenuhnya, diperlukan dukungan eksternal. Hal ini dapat mencakup memberi instruksi kepada siswa untuk mengurangi penggunaan plastik, mewajibkan siswa membawa alat makan dan minum sendiri, meminta pedagang kantin untuk berpartisipasi dalam program sekolah, dan menetapkan lokasi sampah khusus.

Kata Kunci : Ramah Lingkungan, Kelestarian, Kelanjutan Hidup


References


Karim, A. (2017). MengeMbangkan Kesadaran Melestarikan lingKungan Hidup berbasis HuManisMe pendidikan agaMa (Vol. 12, Issue2).

Maulida, U., Tampati, R., & Binamadani, S. (n.d.). GAYA HIDUP BERKELANJUTAN MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SUSTAINABLE LIFESTYLE THROUGH PROJECT OF STRENGTHENING PANCASILA STUDENT PROFILES.

Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). KESADARAN DAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN MAHASISWA DI KAMPUS. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.21061


Refbacks

  • There are currently no refbacks.