PEMBERANTASAN KORUPSI DI LINGKUNGAN KERJA DAN DAMPAKNYA

Adrian Horas Lubis, Nia Puspita Hapsari, Rizqy Akhwal Ridho, Irwandi Prasetio, Ahmat Isyai, Arjuna Dwi Cahya, Alkhafi Razi Ridwan, Katarina Malleva Harwanto, Hadubah Maistawati, Annisa Diana Putri, Eri Erma Erviana

Abstract


Penelitian dan investigasi ini dilaksanakan dengan maksud untuk melakukan analisis mendalam terkait upaya konkret pemberantasan korupsi di lingkungan kerja dan merinci dampak yang dihasilkannya. Dengan menggunakan metode pengumpulan data primer yang mencakup observasi langsung dan wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan utama, penelitian ini menggali strategi pencegahan dan penindakan yang telah diterapkan secara nyata. Diskusi mencakup aspek-aspek seperti peran lembaga pengawas, implementasi kebijakan, serta partisipasi aktif dari para pelaku utama dalam lingkungan kerja. Analisis dampak mencakup tidak hanya efek langsung dari pemberantasan korupsi terhadap integritas organisasi, tetapi juga dampaknya terhadap efisiensi, produktivitas, dan kepercayaan masyarakat. Dengan menyoroti pentingnya peningkatan transparansi dan akuntabilitas, penelitian ini memberikan wawasan mendalam yang diharapkan dapat menjadi dasar untuk perbaikan kebijakan anti-korupsi di berbagai sektor, memberikan kontribusi signifikan pada upaya membangun lingkungan kerja yang bersih dan berintegritas.

Kata kunci: Korupsi, Lingkungan Kerja, Dampaknya


References


Fathiyah Wardah. (2021). “Survei LSI: Mayoritas Pelaku Usaha Menilai

Korupsi di Indonesia Meningkat.”

VOA Indonesia, 08 Feb. 2021, https://www.voaindonesia.com/a/survei-lsi-mayoritas-pelaku-usahamenilai-korupsi-di-indonesiameningkat/5768821.html. diakses

pada tanggal 31 Oktober 2023.

Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan

Tindak Pidana Korupsi, https://peraturan.bpk.go.id/Details/45350/uu-no-31-tahun-1999. diakses pada tanggal 31 November 2023.

Susanto, S. N. H., “Good Governance Dalam Konteks Hukum Administrasi. Administrative Law and Governance Journal,” https://ejournal.hukumunkris.id/, Juni 2019. diakses pada tanggal 01 November 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.