KORUPSI PROYEK E-KTP DALAM PERSFEKTIF HUKUM

Tritondi Henok H. Manik, Nia Puspita Hapsari, Febbyan Daffa Maulana, Alfian Yoga Nugraha, Manaek Nababan, Steve Emmanuel Wenno, Christian Michael Poli, Aisya Devi Maheswari, Anisa Nur Maelani, Kayla Alcallista Tiara Gunawan, Selfi Ayudhia Maharani

Abstract


Penelitian ini membahas secara mendalam fenomena korupsi yang melibatkan proyek E-KTP dengan fokus pada analisis perspektif hukum. Dalam konteks ini, penelitian menjelajahi sejauh mana aspek-aspek hukum terkait proyek tersebut dapat menjadi katalisator atau penghambat keberhasilan dan integritasnya. Melalui pendekatan interdisipliner yang menggabungkan hukum administrasi, hukum pidana, dan hukum kontrak, penelitian bertujuan memberikan pemahaman secara komprehensif terkait mekanisme korupsi yang mungkin muncul dan dampaknya terhadap sistem peradilan. Penelitian ini juga membahas secara kritis upaya pencegahan dan penanggulangan korupsi dalam konteks proyek E-KTP, menyoroti tantangan-tantangan praktis dan hambatan hukum yang mungkin dihadapi oleh pemangku kepentingan, termasuk lembaga pemerintah dan aparat penegak hukum. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi aspek-aspek etika yang terlibat dalam tindakan korupsi dalam konteks proyek pemerintah. Melalui analisis mendalam terhadap studi kasus dan regulasi terkait, penelitian ini berusaha memberikan wawasan lebih mendalam mengenai peran hukum dalam mencegah dan menanggulangi korupsi pada proyek E-KTP. Implikasi temuan ini dapat memberikan dasar bagi perbaikan kebijakan dan perundang-undangan yang lebih efektif untuk meminimalisir risiko korupsi dalam proyek-proyek serupa di masa depan.

Kata Kunci: Korupsi, Proyek E-KTP, Perspektif Hukum, Hukum Administrasi,
Hukum Pidana


References


Arifin, Anwar. (2011). Komunikasi Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Fachruddin, Andi. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi. Jakarta: Kencana

Fiske, S. T., & Taylor, S. E. (1991). Social cognition. New York: McGrawHill. Framing: Toward Clarification of a Fractured Paradigm.

Robert M. Entman. (1993). Journal of Communication 43(4),

Autum. Government Corruption and the Entry Strategies of Multinationals, Peter Rodriguez University of Virginia, Klaus

Uhlenbruck University of Montana, Lorraine Eden Texas A&M University.

Academy of Management Review. (2005). Vol. 30, No. 2, 383-396.

Graber, D.A. 1988. Processing the news: How people tame the information tide (2nd ed.). New York: Longman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.