FENOMENA CYBERBULLYING DALAM PERSPEKTIF GENERASI Z

Yeremias Dura, Muhamad Ariansyah, Feby Cynthia, Cici Kriani Purba, Erlita Listia, Septi Yepiasari, Hayani Hayani, Joany Ally Tanoto, Gracela Harmes, Nayla Hulwatus Syifa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Fenomena Cyberbullying pada Generasi Z di Kafe Alfa X, Jalan Arjuna Utara sebagai objek penelitian. Cyberbullying salah satu fenomena berkelanjutan sekarang. Di era teknologi yang semakin gencar digunakan dan dikembangkan, Cyberbullying semakin sering terjadi. Berkembangnya teknologi membuat kita semakin sulit untuk mengawasi dan memantau segala kemungkinan kejahatan yang bisa terjadi dalam dunia maya ataupun yang kerap disebut internet. Maka sebagai generasi yang terbuka, mengikuti, dan berhubungan erat dengan perkembangan teknologi saat ini, Generasi Z juga harus mengetahui cara mengatasi dan melakukan pencegahan terhadap perilaku Cyberbullying yang semakin meningkat. Jangan sampai para Generasi Z memahami Cyberbullying sebagai perilaku kesenangan semata bahkan tidak menyadari atau mengetahui bahwa perbuatan yang dilakukan mengarah pada perilaku Cyberbullying.

Kata kunci : Fenomena berkelanjutan, Cyberbullying, Pencegahan


References


Diana, R.R., & Retnowati, S. (2009). Komunikasi remaja-orang tua

dan agresivitas pelajar. Jurnal Psikologi.

Mcvean, M. (2017). Physical, verbal, relational and cyber-bullying

and victimization: examining the social and emotional adjustment

of participants (Dissertation). USA: University of South Florida.

Narpaduhita, P.D., & Suminar. (2014). Perbedaan perilaku cyberbullying ditinjau dari persepsi terhadap iklim sekolah di SMK Negeri 8 Surabaya. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental.

Pandie., & Weismann, I, Th. J. (2016). Pengaruh cyberbullying di media sosial terhadap perilaku reaktif sebagai pelaku maupun sebagai korban cyberbullying pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar. Jurnal Jaffray.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.