PENANAMAN BAKAU DI PANTAI INDAH KAPUK SEBAGAI LANGKAH PELESTARIAN LINGKUNGAN DARI KORAMIL 01/TELUK NAGA KODIM 0510/TIGARAKSA KABUPATEN TANGERANG

Hudzaifah Alhalimi, Arlani Doka Aldino, Rohman Faiz Muslimin, Muhamad Riansyah, Cindy Graciella Sendjaja, Ghaitsa Zahira Shofa, Wildanu Mujib, Aghna Yas'a, Dinda Navisa Almaira, Titania Supriadi

Abstract


Fenomena kelestarian alam di wilayah pesisir Teluk Naga yang berada di PIK 2 Kabupaten Tangerang semakin lama semakin memprihatinkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas tentang penanaman bakau di Pantai Indah Kapuk yang dilakukan oleh Koramil 01/Teluk Naga Kodim 0510/Tigaraksa dalam rangka mendukung pemerintah sebagai upaya untuk pelestarian alam. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini dipilih karena penulis ingin mengungkap hal-hal secara teknis dan mendalam juga untuk lebih memahami yang telah dilaksanakan oleh Koramil 01/Teluk Naga Kodim 0510/Tigaraksa Kabupaten Tangerang tentang kegiatan penanaman bakau di Pantai Indah Kapuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Koramil 01/Teluk Naga Kodim 0510/Tigaraksa Kabupaten Tangerang bersama masyarakat berupaya melakukan penanaman hutan mangrove di pesisir Pantai Indah Kapuk guna mencegah abrasi dan menjaga keseimbangan ekosistem alam. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan supaya elemen-elemen lain, termasuk instansi-instansi lain biar lebih mendukung lagi tentang kegiatan penanaman mangrove ini karena sangat penting untuk menghindari daripada global dunia.

Kata kunci: tanaman bakau, pelestarian lingkungan, Pantai Indah Kapuk


References


Audah, K. A., Permana, T., Bhatara, A., & Anisa, A. S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Utara Kabupaten Tangerang Melalui Eko Wisata Mangrove. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKMCSR), 6, 1-7.

BPS. 2018. Kabupaten Tangerang Dalam Angka. https://tangerangkab.bps.go.id/publication/2018/08/16/570cbc3bfe85bb3143c9201f/kabupatentangerang-dalam-angka-2018.htm Diakses pada 23 Desember 2023.

Cordova, M. R., Ulumuddin, Y. I., Purbonegoro, T., & Shiomoto, A (2021). Characterization of microplastics in mangrove sediment of Muara Angke Wildlife Reserve, Indonesia. Marine Pollution Bulletin, 163, 112012.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Hut, D. V. P. S. (2023). Pengelolaan Hutan Mangrove Pulau-Pulau Kecil: Suatu Dimensi Pengelolaan Berkelanjutan. uwais inspirasi indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.