PERAN PENGAJAR DALAM MENGATASI KASUS BULLYING DI TEMPAT BIMBINGAN BELAJAR DI JELAMBAR BARAT 2B GROGOL PETAMBURAN JAKARTA BARAT

Davina Delwis, Adhelya Putri Nur Fadila, Nabela Rasyada Aziz, Lailatul Ropiah, Keisya Rizka Fadillah, Nabila Sakinah Ridwan, Chaterin Indah Putri Manihuruk, Sinta Wati, Alisya Tirtaning Suherman, Nadila Dewi Nur Khoirun Nisa

Abstract


Bullying adalah salah satu jenis perilaku agresif yang sengaja dilakukan oleh individu atau kelompok dengan cara yang kejam dan berkelanjutan terhadap korban yang tidak dapat dengan mudah meningkatkan diri mereka sendiri. Bullying juga membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan. Ciri-ciri korban bullying yaitu cenderung bersikap murung atau mengurung diri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan konsep bullying dan faktor yang mempengaruhinya seperti ekonomi, keluarga, dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data-data deskriptif melalui observasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2023 hingga Januari 2024. Penelitian ini menggunakan 1 sampel yaitu salah satu korban yang menerima perlakuan bullying. Hasil penelitian menggambarkan situasi lapangan dengan detail, membuka wawasan mengenai perlunya kesadaran dan pemahaman untuk menciptakan lingkungan aman bagi anak.

Kata Kunci: bullying, agresif, faktor pengaruh, wawasan


References


Rachmayanti, A., & Candrasari, Y. (2022). Perilaku Cyberbullying Di

Instagram. Januari, 5(1), 2022.

Sulisrudatin, N. (2014). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2),57–70. https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109

Triwijati, N. K. E. (2015). Pelecehan Seksual : Tinjauan Psikologis. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, Dan Savy Amira Women’s Crisis Center, 20(4), 303–306.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.