PENCEGAHAN PAHAM RADIKALISME BAGI KALANGAN PELAJAR DI SMA/SMK TANGERANG

Chalcya Kirana Agustian Casya, Mochamad Rizky Effendi, Yayuk Febriyani, Stefany Karunia Wijaya, Mayla Rahmah, Annisatul Fitriah, Anindya Kikan Adisty, Gita Kencana Sari, Tita Mustika Sari, Nelson Magal

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para pelajar SMAN 18 Kabupaten Tangerang, SMAN 6 Kabupaten Tangerang dan SMKN 1 Kota Tangerang mengenai paham radikalisme. Radikalisme di jenjang pendidikan tidak hanya mencakup tindakan kekerasan, tetapi juga sikap dan ucapan yang dapat memicu kekerasan yang tidak sesuai dengan
norma-norma pendidikan. Ketidakpedulian dan minimnya pengetahuan para guru tentang radikalisme dapat merugikan pelajar. Radikalisme muncul dari kebiasaan yang kurang baik dalam dunia pendidikan oleh sebab itu pentingnya menerapkan etika dan sopan santun yang seharusnya dijunjung tinggi oleh guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data dari guru dan juga siswa terkait paham radikalisme di dunia pendidikan terutama kalangan pelajar. Hasil dari penelitian ini sebagian besar pelajar tidak mengetahui pengaruh radikalisme di dunia pendidikan, dan sebagian dari mereka tidak sadar jika mereka telah melakukan tindak radikalisme tersebut.

Kata kunci: Radikalisme, Pendidikan, Pelajar


References


Dakwah.unisnu.ac.id. (2019). Memutus Rantai Radikalisme di Sekolah. dakwah.unisnu.ac.id. https://dakwah.unisnu.ac.id/memutus-rantai-radikalismedi- sekolah

Suyanto, B. (2022). Radikalisme di Institusi Pendidikan. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/opini/2022/06/08/radikalisme-di-institusi-pendidikan

Kusnadi, Y., & Mutoharoh. (2016). Pengaruh Keterimaan Aplikasi Pendaftaran Online Terhadap Jumlah Pendaftar di Sekolah Dasar Negeri

Jakarta. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/1183


Refbacks

  • There are currently no refbacks.