IBUKOTA JAKARTA DAN MASALAH LINGKUNGAN YANG DIHADAPINYA

Miftahul Jannah, Neng Ida Handayani, Venny Chotimah, Abu Waiti, Dea Puspa Ayu, Andika Wijaya, Julina Julina, Riska D Purba, Harberto Wijaya Danuatmodjo, Vaisal Mardani Bakri

Abstract


Jurnal ini menyelidiki dampak lingkungan yang dihadapi oleh Ibukota Jakarta, sebuah kota metropolitan yang terus berkembang di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada masalah lingkungan yang muncul sebagai konsekuensi dari pertumbuhan pesat, urbanisasi, dan kebijakan pembangunan yang kurang berkelanjutan. Beberapa masalah lingkungan yang dikaji meliputi penurunan kualitas udara, peningkatan banjir, penurunan kualitas air, dan hilangnya lahan hijau. Penelitian ini juga mengevaluasi upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi masalah lingkungan tersebut. Beberapa solusi yang diusulkan mencakup perencanaan tata ruang yang lebih baik, pengelolaan limbah yang lebih efektif, dan promosi transportasi berkelanjutan. Dengan demikian, jurnal ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang tantangan lingkungan yang dihadapi oleh Ibukota Jakarta dan memberikan dasar untuk merancang kebijakan yang lebih berkelanjutan di masa depan.

Kata Kunci : Jakarta, lingkungan, banjir, udara


References


Anwariani, D., Lingkungan, J. T., Lanskap, A., & Lingkungan, T. (t.t.). Pengaruh Air Limbah Domestik Terhadap Kualitas Sungai.

Arnstein, S. R. (1969). A ladder of citizen participation. Journal of the American Institute.

Carpenter, S. R. , C. N. F. , C. D. L. , H. R. W. , S. A. N. , & S. V. H. (1998). Nonpoint pollution of surface waters with phosphorus and nitrogen.

Cutter, S. L. , B. L. , B. M. , B. C. , E. E. , T. E. , & W. J. (2008). A place-based model for understanding community resilience to natural disasters. Global Environmental Change.

Fewtrell, L. , & B. J. (2001). Water Quality: Guidelines, Standards and Health. IWA Publishing.

Gleick, P. H. (2003). Global freshwater resources: Soft-Path solutions for the 21st century. Science.

Herlambang, A. (t.t.). PERAN TEKNOLOGI DALAM PENGENDALIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP.

Hungerford, H. R. , & V. T. L. (t.t.). Changing learner behavior through environmental education. The Journal of Environmental Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.