TINDAKAN KORUPSI DALAM DUNIA PERBANKAN YANG MEMPENGARUHI PEREKONOMIAN INDONESIA

Muhammad Iqbal Abizar, Mikael Marcellino Kevin Ravidion Purnama, Christian Putra Mendrofa, Joanly Fourganda Marthen Rotty, Bias Yudhistira, Siti Munawaroh, Muhammad Ridho Faturahman, Agung Budi Prasetiyo, Muhammad Fris Setiawan, Dicky Prawira, Rita Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian mengkaji UndangUndang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di bidang perbankan,dampak dari terjadinya korupsi di bidang perbankan,serta melihat faktor faktor yang memicu terjadinya tindak pidana perbankan. Metode penelitian yang digunakan pada karya tulis ini adalah Studi Kepustakaan atau Studi Literatur. Metode Studi Literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian (Zed, 2008; Eka, 2015). Korupsi ini dapat terjadi karena semakin lemahnya implementasi kelima sila Pancasila. Terlepas dari itu semua tidak ada solusi lain untuk mengatasinya selain sangat diperlukannya kesadaran para mereka koruptor agar lebih dapat mengimplementasikan nilai Pancasila dalam ruang lingkup kecil maupun besar dengan sebaik mungkin. Kondisi yang membuat Bangsa Indonesia terpuruk, yaitu masalah korupsi yang merebak di seluruh bangsa ini. Mahasiswa harus berpandangan bahwa korupsi adalah musuh utama bangsa Indonesia dan harus diperangi.

Kata kunci : Korupsi perbankan,tindak pidana perbankan


References


Hindriana, L., & Sri Imaniyati, N. (n.d.). Kejahatan Perbankan Dapat Dijerat Dengan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan, S., & Dwi Cahyono, A. (2020). Jurnal Ilmiah Pamenang-JIP Literature Study Of Service Quality Towards Patients Satisfaction In Hospitals. 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599

Khairul Rahmat, H., Pernanda, S., Casmini, C., Budiarto, A., Pratiwi, S., & Khoerul Anwar, M. (2021). The Urgency Of Altruism And Resilience In Natural Disaster Management Volunteers: A Literature Study. In Counselling Research and Applications (Vol. 1, Issue 1).

Kristianto, D., Aji, P., Setiawan, H., & Iryani, D. (2023). Penerapan Delik Tindak Pidana Korupsi Pada Kasus Tindak Pidana Perbankan Di Indonesia. 20(1),1829–8117.

Melinda, V., & Zainil, M. (n.d.). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.