DAMPAK PERUNDUNGAN PELAJAR TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN DI SMKN 60 DI JAKARTA BARAT

Syifa Salsabila, Adelia Pramadanty Darmansyah, Yudith Zandiaz, Marvino Mutfi, Monica Fertinah

Abstract


Perundungan merupakan perilaku negatif yang dapat berwujud secara fisik, verbal, maupun psikologis yang ditujukan secara langsung kepada korban dari waktu ke waktu.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik (intensitas, bentuk, sasaran) perundungan di kalangan pelajar SMA/K dan mengetahui kuantitas dan kualitas kebijakan sekolah dalam meredam perundungan. Bahan penelitian berasal dari survei para pelajar SMKN 60 dan guru/kepala sekolah SMKN 60 yang berupa wawancara yang diajukan kepada responden dalam bentuk formulir pertanyaan pada aplikasi Google Form dan artikel-artikel terkait topik penelitian. Para siswa rata-rata sangat nyaman berada di lingkungan sekolah, kebanyakan dari mereka tidak mengalami perundungan. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada beberapa siswa/i yang menjadi pelaku ataupun korban dari kasus perundungan.

 

Kata kunci: Perundungan, Karakteristik Pelajar, Kuantitas dan Kualitas Kebijakan Sekolah


References


UNICEF (2016). (United Nation International Children’s Emergency Fund 2016 [Artikel Online]. Diakses dari https://www.unicef.org/

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2019. [Artikel Online]. Diakses dari https://www.kpai.go.id/

Sari, Yuli Permata, and Welhendri Azwar. "Fenomena bullying siswa: Studi tentang motif perilaku bullying siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat." Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 10.2 (2018): 333-367.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.