GLOBALISASI BERDAMPAK PADA MEMUDARNYA NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM LINGKUP REMAJA DI INDONESIA

Putri Ratna Sari, Khafifatul Fadilah, Syaulia Janudatul Nissa, Yenny Cristiana Ngawing, Ronal Dinho, Fajar Rizky, Gabriel Asoloan Sitinjak, Indra Jonatan, Rendi Aandrian Pratama

Abstract


Globalisasi yang biasa disebut juga dengan integrasi internasional dapat
diartikan sebagai suatu proses integrasi dan interaksi bertahap antara individu, lingkungannya, dan juga negara. Globalisasi menyebabkan segala aspek kehidupan terpengaruhi, misalnya sistem ekonomi, budaya, dan lingkungan hidup manusia. Maka dari itu kami melakukan penelitian ini dengan tujuan para remaja Indonesia harus mengetahui dan lebih mendalami mengenai kearifan lokal di Indonesia dibanding dengan budaya luar Indonesia. Sehingga untuk mempermudah, digunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara terhadap narasumber untuk menemukan data yang dapat di observasi dalam hasil penelitian dan pembahasan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu menemukan langkah positif yang dapat dilakukan dengan mendukung inisiatif lokal dan kreativitas para remaja, serta dengan memperkuat pendidikan nilai-nilai budaya tradisional dan mempromosikan pemahaman lintas budaya.

Kata Kunci: Globalisasi, Dampak Globalisasi, Kearifan Lokal


References


Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3).

Hibatullah, F. A. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Pembangunan Karakter Generasi Muda Bangsa Indonesia. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 10(1), 1-9.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N.,

Iffah, J. D. N., ... & Sulistiana, D. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. PrePrint Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.