IMPLEMENTASI PERATURAN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MORAL REMAJA DAN MENGURANGI PERUNDUNGAN

Dinda Natania Santika Putri, Nasywa Salsabilah, Anisya Leily, Maureen Viona Amadea, Yongky Andana, Christopher David, Renhard Parulian Pasaribu, Adrian Hadisaputra, Reynaldi Reynaldi, Dewi Sari Sumitro

Abstract


Perundungan adalah perilaku yang bersifat merendahkan, menyakiti, atau merugikan orang lain secara berulang dan sengaja dilakukan oleh seseorang ataupun sekelompok orang yang dapat menyebabkan dampak psikologis dan emosional yang terganggu bagi korban. Perundungan sering terjadi di lingkungan sekolah, salah satu alasan terjadinya perundugan adalah menurunnya nilai moral remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah implementasi peraturan sekolah memiliki dampak positif terhadap peningkatan moral remaja dalam pengurangan kasus perundungan, peraturan sekolah yang jelas dan diterapkan secara konsisten membantu membentuk perilaku positif siswa, menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan moral, serta mengurangi insiden perundungan, dan pentingnya peran kebijakan sekolah dalam membentuk budaya yang lebih aman dan mendukung di kalangan remaja.

Kata Kunci : Pendidikan, Perundungan, Peraturan Sekolah


References


Aswat, H., Onde, M. K. L. O., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105-9117.

Creswell, J. W. (2012). Research design:pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.

Data, T. P. (2015). Instrumen Penelitian. KisiKisi Instrumen. El Syam, R. S., & AN, M. Y. (2023). Rekognisi Moderasi Beragama Melalui Deklarasi Tiga Dosa Besar Pendidikan di SMP Pelita Al-Qur’an Wonosobo. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(4), 17-31.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif.

Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.