PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCEGAH INTOLERANSI SUKU DI SMA BINTANG KEJORA

Yovi Karta Wijaya, Rio Lukas Saputra Siregar, Frans Gabriel Hutasoit, Jovie Dwiki Laksono, Ahmad Mixel Meyna Imtiyazi, Adellia Hartanti, Cindy Maulitha, David Gointruth Sebastian Sondakh, Syeriel Debora Wenno, R. Adawiyah Z

Abstract


Penelitian ini kami lakukan pada SMA Bintang Kejora Jakarta Barat. Tujuan penelitian yang kami lakukan ialah untuk mengetahui bagaimana peran
pendidikan dalam mencegah suatu tindakan intoleransi dan memberikan suatu pencerahan akan pembelajaran terhadap siswa-siswi untuk mencegah tindakan intoleransi. Penelitian ini juga merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara. Wawancara dilakukan dengan data yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang muncul dalam wawancara. Hasil yang didapatkan, Intoleransi suku merupakan perilaku yang tidak menghormati perbedaan antar suku, mencakup budaya, agama, dan ras. Dampaknya yang dapat memicu suatu konflik dan perpecahan dalam masyarakat, khususnya di Indonesia dengan keragaman etnis, agama, dan budaya. Terdapat tren meningkatnya sikap intoleran di kalangan mahasiswa, yang seharusnya menjadi agen perubahan. Pendidikan memiliki peran kunci dalam membentuk sikap toleran dan menghargai keberagaman. jurnal ini memberikan rekomendasi langkah-langkah pencegahan intoleransi di SMA,pendidikan karakter, budaya literasi, dan peran guru serta sekolah, pendidikan dapat menjadi alat efektif mencegah intoleransi, membangun kesadaran akan keberagaman, dan membentuk generasi yang lebih toleran dan inklusif.

Kata kunci : toleransi, Intolerasnsi, pendidikan


References


Ambarudin, R. I. (2016). Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius. Jurnal Civics, 13(1), 28–45.

Amir, S., & Hakim, A. (2018). Pencegahan Sikap Intoleransi Pada Siswa Melalui Penguatan Pendidikan Pancasila (Studi Kasus Sma Paba Binjai). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR 2018.

Irawan, H., & Firdaus, K. B. (2021). Resiliensi Pancasila di Era Disrupsi: Dilematis Media Sosial Dalam Menjawan Tantangan Isu Intoleransi. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 36–47.

Kurniawan, R., Alhakim, A., & Aurellia, A. (2021). Sosialisasi Menumbuhkan Semangat Toleransi di Tengah Pandemi Pada Siswa SMK Maitreyawira Tanjungpinang. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(2), 169–176.

Lisasih, N. Y., Sidodo, B., Ersella, H., Syaharani, A., Mariani, M., Purba, M., & Pakpahan, J. H. (2023). PENCEGAHAN INTOLERANSI BAGI KALANGAN PELAJAR SMA DI JAKARTA BARAT DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN BERKUALITAS. Pendidikan Karakter Unggul, 1(4).

Rijaal, M. A. K. (2021). Fenomena Intoleransi Antar Umat Beragama Serta Peran Sosial Media Akun Instagram Jaringan Gusdurian Indonesia Dalam Menyampaikan Pesan Toleransi. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2),101–114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.