EFEK SAMPING PERUNDUNGAN DI RUANG LINGKUP SEKOLAH

Gregorius Carlos Sri Hasudungan Siregar, Mohamad Yafie Kamarullah, Andre Saputra, Hieronimus Emilianus Harymurti, Muhammad Faiz Wirdiansyah, Selvia Elsa Ridho, Reynald Fedhericco, Muti Liana Putri Tampubolon, Lusi Ria Adolia, Laila Mutiara Agustina

Abstract


Bullying di sekolah merupakan fenomena yang sering terjadi dan mempunyai dampak negatif yang signifikan terhadap korbannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya bullying di sekolah dan dampaknya terhadap kesejahteraan psikologis korban. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap siswa yang pernah mengalami bullying di sekolah. Data yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang muncul dalam wawancara. Penelitian menunjukkan bahwa bullying di sekolah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain lingkungan sekolah yang tidak aman, kurangnya pengawasan guru dan staf sekolah, serta faktor pribadi seperti penampilan dan perbedaan sosial. Dampak bullying terhadap kesehatan mental korban antara lain rendahnya harga diri, kecemasan, depresi, dan bahkan pikiran untuk bunuh diri dalam kasus yang ekstrim. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang intimidasi di sekolah dan dampaknya terhadap kesejahteraan psikologis para korban. Pemahaman yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penindasan diharapkan akan memungkinkan upaya pencegahan dan intervensi yang efektif untuk menghentikan penindasan di sekolah.

Kata kunci : Berisi sekitar 3-6 kata kunci yang digunakan


References


Zakiyah, B. (2019). Perilaku Bullying Pada Santri Remaja Putri (Studi

Kasus Di Pondok Pesantren AlMahrusiyah II Lirboyo Kediri) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Faqih, A. (2023). Reoptimalisasi Kebijakan Hukum Perlindungan Anak Dalam Penanganan Kasus Perundungan (Bullying) Di Indonesia. Jurnal Fakta Hukum (JFH), 2(1), 74-83.

Hidayah, N. (2017). Pengembangan sikap asertif dengan teknik sinema edukasi untuk mencegah perilaku bullying di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (pp. 24-34).

Aminah, S. (2019). Analisis Perilaku Bullying Siswa Smk Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019.

Mulyadi, S., Rahardjo, W., Asmarany, A. I., & Pranandari, K. (2016).

Psikologi sosial. Jakarta: Gunadarma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.