DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP DEPRESI MAHASISWA

Dimas Aprilio Gurning, Agni Artika Nawawi, Kayla Fijra Oktarina Maarif, Nur Ria Sahwal Hasanah, Dede Kurniawan, Abdul Akbar Alansyah, Edelin Dwi Egia Br Pinem, Renatha Ghaziyah

Abstract


Teknologi diartikan sebagai sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian serta bagaimana dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak mahasiswa esa unggul yang terdampak gangguan mental dikarenakan penggunaan media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara, wawancara dilakukan dengan pendekatan penelitian dengan narasumber. Penelitian ini dilakukan dengan mahasiswa/i di Universitas Esa Unggul, yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui alasan, faktor-faktor dan dampak positif maupun negatif dalam penggunaan media sosial.

Kata kunci : Dampak media sosial,Gangguan mental,Mahasiswa Esa Unggul


References


Sulthan, M., & Istiyanto, S. B. (2019). Model literasi media sosial bagi mahasiswa. Jurnal Aspikom, 3(6), 1076-1092.

Sosiawan, E. A. (2020). Penggunaan situs jejaring sosial sebagai media interaksi dan komunikasi di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 60-75.

Shafitri, Khusni Evi. “Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa.” 31 December 2021, https://www.kompasiana.com/khusniaevis99/6

ce5b7706310e46b6318ea2/penggunaanmedia-sosial-dikalangan-mahasiswa.

Widiarti, Yayuk. “Pakar Ungkap Dampak Negatif Langsung Media Sosial pada Kesehatan Mental Remaja.” Gaya, 15 Mei 2023.

University of Nevada, Reno. Diakses pada 2020. Impact of Social Media on Youth Mental Health: Statistics, Tips & Resources.

https://www.halodoc.com/artikel


Refbacks

  • There are currently no refbacks.