PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI SOLUSI INOVATIF DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH

Michella Ineza Maharani Tamin, Lusi Amelia, Makda Reta Ina Yeimo, Anisa Juliani, Feby Zahira, Ramosta Talitakum Junus, Muhammad Farrel Ardan Firmansyah

Abstract


Pendidikan merupakan cara sadar dan tersusun dapat memberikan edukasi dalam membangun potensi bagi jasmani maupun rohani yang di paparkan untuk mencapai sasaran kedewasaannya dan sanggup melakukan tugas hidup secara mandiri. Bullying dapat di sebut menyakat yang diartikan sebagai mengusik atau mengganggu serta merusak secara verbal. Tujuan dari penelitian ini adalah memberi informasi mengenai solusi inovatif dalam mengatasi perilaku bullying di sekolah melalui pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara. Wawancara dilakukan dengan siswa kelas 7A dan guru BK di sekolah SMPN 89 Jakarta. Hasil wawancara yang di lakukan oleh peneliti ini bahwa dari tindakan Bullying ini menyebabkan pikirannya menjadi kacau, depresi, anak itu jadi mempunyai rasa takut yang berlebihan, gangguan mental (depresi, kecamasan), sulit berkonsentrasi, tidak percaya diri, menjadi malas ke sekolah, korban mengalami trauma.

Kata Kunci : Bullying , Pendidikan Karakter


References


Araya, W., Natalia, D., & Marida, C. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang Bullying dengan metode role play terhadap pengetahuan dan sikap remaja SMPN. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 9(2), 612-626.

Yuliani, Nunung. "Fenomena kasus bullying di sekolah." Published

online (2019).

Oktaviany, Desri, and Zaka Hadikusuma Ramadan. "Analisis Dampak

Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Educatio Fkip Unma 9.3 (2023): 1245-1251.

Wibowo, Antonius PS. Penerapan hukum pidana dalam penanganan bullying di sekolah. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta, 2019.

Sakban, Abdul, et al. "Tindakan bullying di media sosial dan pencegahannya." JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 2.3(2018).

Chrysan, Evita Monica, Yiska Marva Rohi, and Dini Saputri Fredyandani Apituley. "Penerapan Sanksi Tindakan Anak Yang Melakukan Bullying Dalam Perspektif Sistem Peradilan Pidana Anak." Jurnal Hukum Magnum Opus 3.4 (2020):162-172.

Yuyarti, Yuyarti. "Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter."

Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar 9.1 (2018).

Yuliani, Nunung. "Fenomena kasus bullying di sekolah." Published online (2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.