TINDAKAN KEKERASAN BULLYING DAN CARA MENGATASINYA

Raden Muhammad Bagas Sanjaya, Alesandro Timoti Sitepu, Rachmat Shawqi Setiawan, Faqih Akmal, Ahmad Bayaadhi, Adilla Sintia Putri, Indah Nur Kholifah, Villyawu Villyawu, Listiana Nurmalita Dewi, Anissa Aurelya

Abstract


Lingkungan sekolah telah mengalami lonjakan kekerasan baru-baru ini, terlepas dari kenyataan bahwa kekerasan adalah tindakan keji yang bertentangan dengan banyak prinsip pendidikan. Perundungan merupakan salah satu tindakan kekerasan; secara umum, perundungan adalah tindakan intimidasi yang sering dilakukan oleh individu atau kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis perundungan yang terjadi di SMK BANDARA serta ciri-ciri kepribadian siswa laki-laki dan perempuan yang menjadi korban perundungan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan mengumpulkan data melalui wawancara langsung dengan narasumber. Karena perundungan di kalangan pelajar merupakan bentuk perilaku yang berbahaya dan menyimpang, maka perlu ditangani secara serius.


Kata kunci : kekerasan, intimidasi, pelecehan, sekolah


References


Putri, S. R. A., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2021). Fenomena Verbal Bullying Di Masyarakat Pedawang. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan

Dan Pembelajaran, 5(2), 792-796.

Ariesto, A. (2009). Pelaksanaan Program Antibullying Teacher Empowerment. Retrieved Juni 12, 2017, from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123656 -SK%20006%2009%20Ari%20p%20%20Pelaksanaan%20programLiteratu

r.pdf

Tristanti, I., Nisak, A. Z., & Azizah, N. (2020). Bullying dan efeknya bagi

siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan dan

Kebidanan, 11(1), 1-5.

Aswat, H., Onde, M. K. L. O., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105-9117.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.