IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN ANAK USIA REMAJA DALAM KONTEKS PEMBULIAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMK ISLAM ASSA’DATUL ABADAYAH

Dina Handayati Simbolon, Ryrin Annisa Shalihah Hardiyanto, Silvia Claudia Cemara, Enggi Vahlevi Hermawan, Dafa Dafina Alzahwa, Muhammad Izzat Rahmadani Lubis, Danni Leonata Esaputra, Azriel Alghofachri, Andrian Pratama, Joost Hosea Fredrikh Suharyo

Abstract


Cyberbullying menjadi salah satu efek negatif dari pesatnya perkembangan teknologi di zaman sekarang ini, bukan hanya untuk bertukar informasi melainkan sekarang banyak kejahatan banyak kejahatan yang sering terjadi di media sosial khususnya remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah anak remaja saat ini sudah bijak dalam menggunakan media sosial, mengetahui faktor-faktor terjadinya cyberbullying pada remaja, mengetahui seberapa maraknya cyberbullying pada kalangan remaja, serta mengetahui dampak yang terjadi jika remaja tersebut terkena cyberbullying, dan untuk mengedukasi anak remaja saat ini tentang cyberbullying. Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode kualitatif, kami melakukan sosialisasi dan pembagian kuesioner yang berupa google form yang telah kami bagikan kepada siswa/i. Hasil penelitian menunjukan bahwa cyberbullying merupakan segala
bentuk kekerasan atau perundungan yang dialami anak usia remaja dimana seseorang diejek, dihina, diintimidasi atau dipermalukan melalui media sosial. Selain itu, cyberbullying memiliki dampak negatif yang sangat serius, misalnya perasaan cemas, ketakutan, kesedihan, dan cenderung korban tersebut mengisolasi diri. Dampak negatif tersebut bisa dicegah atau diatasi oleh diri kita sendiri bisa diatasi dengan cara memblokir akun pelaku, private akun pribadi dan juga membatasi komentar, dengan cara tersebut kita bisa menyelamatkan diri kita dari dampak cyberbullying. Perlindungan Terhadap kasus cyberbullying ini bisa diatasi dengan peraturan sekolah. Dengan aturan dan kebijakan yang tepat akan menciptakan sebuah hubungan dan kesadaran bagi siswa/i itu sendiri.

Kata kunci: Perundungan Dunia Maya, Remaja, Media Sosial


References


Afrida, Nani. (2019, 06 Februari). 70% Remaja Dunia Jadi Korban Kekerasan Online. Diakses pada 30 November 2023, dari https://www.aa.com.tr/id/dunia/unicef70-remaja-dunia-jadi-korban-kekerasanonline/1385034

Budiarti, Arsa Ilmi. "Pengaruh interaksi dalam peer group terhadap perilaku cyberbullying siswa." Jurnal pemikiran sosiologi 3.1 (2016): 1-15.

Data, T. P. (2015). Instrumen Penelitian. KisiKisi Instrumen. El Chris Natalia, S.I.Kom., M.Si. (2 Desember 2016). Remaja, Media Sosial dan

Cyberbullying. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta. El, O. "Remaja, Media Sosial dan Cyberbullying: Latar Belakang para Remaja Sebagai Ajang untuk Terkoneksi dengan Media Sosial Orang." Jurnal

Ilmiah Komunikasi 5 (2016).

Fernandez, Germanikus C., and Frikson C. Sinambela. "Hubungan Antara Kesepian dengan Korban Cyberbullying pada Remaja." Jurnal Kreatif Online 7.2 (2019): 246-261.

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. Makalah.

Prastowo, D. S., & Setyowati, R. N. (2023). Strategi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Mencegah Cyberbullying di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Kajian Moral dan kewarganegaraan. Volume 11 Nomor 1 Tahun 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.