PENGARUH BULLYING TERHADAP KONDISI PSIKOLOGIS KORBAN

Irfan Rifa Isdianto, Ardandi Olansyah, Angga Sugiyanto, Muhammad Ilham Kamal, Rehan Canta Yuda, Kevin Diaz Suith, Erlangga Orlen Perwiro, Darren Chesta Adabirinda, Rafi Evan Wijaya, Bagus Arshanjaya Bhuana, Dewi Sari Sumitro

Abstract


Bullying merupakan insiden sosial yang telah menjadi perhatian serius di berbagai lapisan masyarakat. Secara teoritis, bullying adalah suatu kegiatan atau perbuatan yang dilakukan oleh seseorang, baik secara individu maupun secara umum, yang merupakan penyerangan yang diulang-ulang secara nyata, secara mental, sosial atau verbal, dilakukan di tempat yang berkarakter situasional dan berpengaruh demi keuntungan atau kepuasannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat menemukan pemahaman dan penjelasan lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya bullying dan dampaknya terhadap korban, konsekuensi jangka pendek dan panjang dari perilaku tersebut, serta strategi efektif untuk mencegah dan mengatasi bullying. Pemeriksaan ini bersifat eksplorasi subyektif dengan menggunakan teknik wawancara terhadap narasumber. Berdasarkan wawancara yang dilakukan, temuan penelitian ini mengungkap sejumlah dampak yang ditimbulkan dari perilaku bullying yang dilakukan pelaku adalah gangguan kesehatan mental, penurunan harga diri, isolasi sosial, gangguan makan dan tidur, dan trauma emosional. Pentingnya intervensi pencegahan bullying di lingkungan masyarakat tidak dapat dilebihkan. Upaya untuk meningkatkan kesadaran, pendidikan emosional, dan pembentukan lingkungan yang aman menjadi kunci dalam mengurangi insiden bullying dan melindungi kesejahteraan psikologis remaja.

Kata kunci : Bullying, Psikologis, Dampak Bullying Terhadap Kondisi Psikologis


References


Elinda Emza (2015), Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar Kawasan Beresiko Kota Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta, hlm.91

Ida Bagus G,.P,. (2016), Teknik Wawancara dan Observasi untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Universitas Udayana, hlm.4

Ramadhanti dan Muhamad Taufik Hidayat (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 6.3: 4566-4573.

Arif, Y., & Novrianda, D. (2019). Perilaku Bullying Fisik Dan Lokasi Kejadian Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 10(1), 135-143.

Novalia, R., & Andayani, S. (2016). Dampak Bullying terhadap kondisi

psikososial anak di Perkampungan Sosial Pingit. Universita Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta,hlm.15

Andayani, T. R. (2015). Studi metaanalisis: Empati dan bullying. Buletin Psikologi, 20(1-2), 36-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.