MENDORONG EMPATI DAN KESADARAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Suci Rahmadani, Naili Farah Soufika, Emiliana Syahira, Zahra Amelia Budi Saputri, Ajeng Ayu Nurkatika, Putri Nur Amalia, Elga Nabila Febryanti, Larasati Annisa Putri, Siti Monalisa, Euis Solihat, Dewi Sari Sumitro

Abstract


Penelitian ini menggali pengembangan empati, kesadaran lingkungan, dan kecerdasan sosial dalam lingkungan sekolah. Bapak Jajat Sudrajat, seorang pendidik yang berkomitmen membentuk kualitas-kualitas ini pada siswa, menekankan motivasi personal untuk pengembangan individu siswa, mendorong rasa tanggung jawab dan semangat. Strategistrategi tersebut mencakup penciptaan ruang komunikasi inklusif, memungkinkan siswa untuk berekspresi melalui berbagai saluran, seperti media sosial. Penelitian ini juga mengeksplorasi strategi Bapak Sudrajat dalam membangun empati dengan orang tua, melibatkan komunikasi efektif melalui media sosial dan panggilan telepon. Penanganan konflik antar siswa memerlukan kerja sama dengan sekolah dan bimbingan konseling, menyoroti pentingnya kolaborasi di antara berbagai pemangku kepentingan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan peduli. Selain itu, pandangan siswa, yang diperoleh melalui kuesioner, memperkaya penelitian ini, memberikan dimensi personal pada pandangan mereka tentang efektivitas strategi-strategi ini dalam membentuk empati di kalangan siswa.

Kata kunci : Empati, Kesadaran, Sosial


References


Lestari , D. (2022). Hubungan Adiksi Smartphone Dengan Empati Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 3 Bojonegoro.

Parinduri, M., & Kultsum, U. (2020). Pendidikan Islam Di Tengah Pandemi Covid-19: Upaya Membangun Empati Warga Sekolah. Ta'dib, 23(2), 133-144.

Primasari, A., Ramli, M., & Atmoko, A. (2021). Bimbingan Kelompok Virtual Teknik Photovoice untuk Meningkatkan Empati Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 835-841.

Sastradiharja, E., Sarnoto, A., & Nurikasari. (2023). Pengembangan Kecerdasan Emosi Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Ulumuddin. Jurnal IlmuIlmu Keislaman,13(1), 85-100.

Susanto, H., & Purwanta, H. (2022). Analisis Pola Narasi Reflektif Buku Teks Sejarah SMA Untuk Pencapaian Empati Sejarah. Yupa: Historical Studies Journal, 6(1), 45-62.

Wahid, L. (2023). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Kesadaran

Sosial Pada Siswa Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 605-612.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.