ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DAN DAMPAK PERUNDUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN MANDIRI 26 JAKARTA

Siti Nurul Mahirah, Hayatunnufus Salsabeela, Putri Dhuha Fatimah, Tiara Tiara, Elizabeth Laurel Hartawan, Zahwa Zahira Khairunnisa, Agustina Agustina, Veny Andina, Yessica Carolina, Anjani Rhehan Surya Pradita

Abstract


Perundungan di lingkungan sekolah merupakan masalah serius yang dapat berdampak jangka panjang terhadap prestasi akademik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab dan dampak perilaku perundungan terhadap prestasi akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan menganalisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti lingkungan rumah, media massa, dan teman sebaya dapat mempengaruhi terjadinya perilaku perundungan di sekolah. Lebih jauh lagi, perilaku perundungan dapat memberikan dampak negatif terhadap pembelajaran siswa, baik secara akademis maupun psikologis. Oleh karena itu, pencegahan dan penanggulangan masalah perundungan di lingkungan sekolah memerlukan upaya pencegahan dan intervensi yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan.


Kata kunci: Perundungan, efek psikologi, remaja, performa akademik


References


Khairally, E. T. (2023, July 5). 10 Cara Mengatasi Bullying di Sekolah serta Jenis Perundungan.Detik.Com.

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d6806860/10-cara-mengatasi-bullying-disekolah-serta-jenis-perundungan

Olweus, D. (1993). (2003). Bullying at school: What we know and what we can do. Psychology in the Schools 40(6), 699–700.

Yolanda, L. (2023, July 21). Memaknai Hari Anak Nasional. Komnas HAM.

https://www.komnasham.go.id/index.php/news/2023/7/21/2391/memakna-harianaknasional.html#:~:text=Terkait%20dengan%20permasalahan%20anak%2C%20sejumlah,pelindungan%20dari%20kekerasan%20dan%20diskrim

inasi%E2%80%9D


Refbacks

  • There are currently no refbacks.