Tingkat Kesiapan Mitigasi Bencana Gempa Bumi pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul

Ahmad Rizqi Sharpei, Gerry Artama, Naufal Mussyafa Arrada, Aldy Zulhaj Islam, Abdus Salam Farid Basumbul, Nawwaf Fadhil, Reuben Erlangga, Haeqal Hasan, Lukmanul Hakim, Gilang Faqih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kesiapan mitigasi bencana gempa bumi pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Responden penelitian terdiri dari mahasiswa dari berbagai program studi dan tingkat semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Universitas Esa Unggul memiliki tingkat pengetahuan yang cukup baik tentang gempa bumi. Namun, dalam hal sikap dan perilaku antisipatif serta partisipasi dalam pelatihan mitigasi, masih terdapat sejumlah area yang perlu diperhatikan. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kesiapan meliputi informasi yang diterima, kesadaran akan risiko, dan aksesibilitas pelatihan mitigasi.

Kata Kunci : Mitigasi, mahasiswa, informasi


References


Alawiyah, F., Susiana, S., Yuningsih, R., Martiany, D., & Lestari, T, R, P. (2019). Penanggulangan Bencana dalam Berbagai Perspektif. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Anam, A.K., Winarni, S & Winda, A. (2018). Upaya Perawat Dalam Fase Mitigasi Bencana Guning Kelud Berdasarkan ICN Framework. Jurnal

Keperawatan Terapan, Vol.4.

Awaliyah, N., Sarjanti, E., & Suwarno, S. (2014). Pengetahuan Masyarakat Dalam Mitigasi Bencana Banjir di Desa Penolih Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Geo Edukasi, 3(2).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2017). DIBI: Data Informasi Bencana Indonesia. Diakses dari http://bnpb.cloud/dibi/tabel1a.

BNPB. (2012). Buku Saku Tangga Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana.

Dharma, K, K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan Panduan

Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: TIM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.