DAMPAK PERGAULAN BEBAS DI KALANGAN PELAJAR (PERUNDUNGAN DAN KEKERASAN SEKSUAL) DI WILAYAH KAB. TANGERANG

Beryl Rahmat Media, Yehezkiel Lahema, Ahmad Rafi Husni Musyaffa, Sidiq Alfikry, Rafii Raihan Saputra, Alansyah Maulana Wicaksono, Muhamad Fikri Saputra, Ismul Mubarah, Samuel Sahat Hasiholan Lumban Gaol, Vico Arteta

Abstract


Pergaulan bebas di kalangan pelajar telah menjadi fenomena yang semakin meresahkan, khususnya dalam konteks perundungan dan kekerasan seksual di wilayah Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dampak pergaulan bebas terhadap pelajar, khususnya dalam konteks perundungan dan kekerasan seksual di wilayah tersebut. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pergaulan bebas di kalangan pelajar di wilayah Kabupaten Tangerang memiliki dampak yang signifikan terhadap terjadinya perundungan dan kekerasan seksual. Pelajar yang terlibat dalam pergaulan bebas cenderung rentan menjadi korban atau pelaku perundungan, serta menjadi target kekerasan seksual. Faktor-faktor yang mempengaruhi fenomena ini meliputi kurangnya pemahaman tentang batasan-batasan pergaulan, pengaruh media sosial, dan kurangnya pengawasan dari orang tua dan guru.

Kata Kunci : Intoleransi, kekerasan seksual, perundungan, narkoba, pendidikan


References


Aminudin. (1997). Kecenderungan Perilaku Seks Bebas Remaja Perkotaan. Laporan Penelitian. Puslit Sosial Budaya Universitas Diponegoro.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Bachtiar. (2004). Cinta Remaja (Mengungkap Perilaku Cinta Remaja).

Yogyakarta : Ar-Ruzz

BKKBN. (2011). 39 Persen ABG di kota Besar Indonesia Sudah Pernah

Hubungan Seks. http://www.BkkbN.go.id/artikel/pages/39-persen-abg-dikota-besar-indonesia-sudah-pernah-hubungan-seks.aspx. Diakses tanggal 8 Juli 2015.

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Damayanti, R. (2006) . Peran Biopsikososial terhadap Perilaku Seksual Beresiko Tertular HIV pada Remaja SLTA di DKI Jakarta 2006. Disertasi. Depok Jakarta : Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Danarto, A.( 2003). Teori Seks. Yogyakarta: Jendela.

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fluornoy. D.M., (2004). Analisa isi Surat Kabar Surat Kabar Indonesia.

Yogyakarta : GajahMada University.

Ghifari, A A. (2003). Gelombang Kejahatan Seks Remaja Modern. Bandung: Mujahid Press.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Edisi5. Jakarta: Erlangga.

Holsti, R,. (2004). Content Analisys for Social Science and Humanities. Addison Westly Publishing Company, Massachussets.

Kartono, K. (2006). Patologi Sosial II: Kenakalan Remaja. Jakarta: PT

Rajagrafisindo Persada

Kerlinger, F.N,. (2002). Foundation of Behavioral Research. Hal Reinhart &

Winston inc. New york.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.