Implementasi Pelestarian Lingkungan dengan Mengurangi Sampah Plastik Terhadap Murid di SMPN 5 Pasar Kemis

Defia Ulandari, Ardra Rianisa, Tiara Zahira, Deswita Anggraini, Desva Selvi Anggraini, Chrisella Natasia Tanujaya, Octavian Ari Ramadhan, Ridwan Habib Waliyudin, Reza Adzikra Rijal, Fandy Azkan Nufus

Abstract


Artikel ini membahas bagaimana siswa SMPN 5 Pasarkemis dapat menerapkan pelestarian lingkungan dengan mengurangi sampah plastik. Implementasi pengurangan sampah plastik ini memanfaatkan dunia pendidikan untuk membangun sikap, perilaku, dan cara berpikir yang berkelanjutan sejak usia dini. Untuk menerapkan ini, pendekatan yang digunakan adalah pemaparan materi oleh tim peneliti tentang dampak sampah plastik terhadap lingkungan. Artikel ini juga membahas metode yang digunakan untuk mengurangi sampah plastik, upaya siswa untuk mengurangi sampah plastik, apakah siswa sudah menerapkan kebiasaan membuang sampah yang benar, dan upaya lain yang dilakukan siswa untuk mengurangi sampah plastik. Menurut penelitian ini, melibatkan siswa dalam upaya pelestarian lingkungan dengan mengurangi sampah plastik dapat menjadi langkah awal yang baik untuk menciptakan generasi yang peduli terhadap lingkungan. Metode ini memungkinkan sekolah untuk bertindak sebagai pedoman perubahan dalam membangun lingkungan yang lebih berkelanjutan dan menanamkan budaya pelestarian di kalangan generasi muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan program pendidikan ini dapat mengubah cara murid berpikir dan berperilaku tentang pengurangan sampah plastik. Metode kreatif ini berhasil jika siswa lebih menyadari lingkungan dan terlibat dalam kegiatan berkelanjutan.

Kata kunci : Pelestarian, Lingkungan, Sampah, Plastik


References


Aminudin, A., & Nurwati, N. (2019). Pemanfaatah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreatifitas Warga Sekitar Stie Ahmad Dahlan Jakarta. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 66–79.

Astuti, R. P. F., Tirtanawati, M. R., Ermawati, S., Hidayat, T., & Rika, N. (2022). Pembuatan Berkakas (Bunga dari Kantong Plastik Bekas) Untuk

Meningkatkan Kreativitas Kerajinan Pada Kader PKK Desa Kedaton Kecamatan Kapas Bojonegoro. Jurnal Padi (Pengabdian Masyarakat Dosen

Indonesia), 5(1), 11–17.

Idrus, A., & Novia, Y. (2018). Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan di

Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 203–219.

Ismainar, H., Marlina, H., Afriza, B., & Atika, W. (2021). Gerakan Mengurangi Sampah Plastik dan Resiko Membakar Sampah Dengan Pemberian Edukasi Kesehatan Melalui Penyuluhan. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas, 1(3), 188–195.

Jayaraman, K., Haron, H., Sung, G. B., & Lin, S. K. (2011). Consumer

reflections on the usage of plastic bags to parcel hot edible items: An empirical study in Malaysia. Journal of Cleaner

Production, 19(13), 1527–1535. Karina, K., & Ihsan, T. (2019). Minimalisasi Sampah Plastik di Kampung Jawa Melalui Gerakan “Diet Sampah Plastik.” Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 2(2), 109–115.

Karuniastuti, N. (2013). Bahaya plastik terhadap kesehatan dan lingkungan. Swara Patra: Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 3(1).

Kurniati, E., Mirawati, M., Rudiyanto, R., Fitriani, A. D., Rengganis, I., &

Justicia, R. (2019). Implementasi Program Anak Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Memilah Sampah. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–6.

Murlianti, S., Lukman, A. I., & Hului, A. O. W. (2022). Gerakan Pengurangan Sampah Plastik (Gerustik) di Kalimantan Timur. International Journal of Community Service Learning, 6(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.