EFEKTIVITAS PROGRAM PENCEGAHAN BULLYING DI SMP NEGERI 2 PASAR KEMIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas program pencegahan bullying di SMPN 2 Pasar Kemis danmenciptakan lingkungan belajar bebas intimidasi. Penelitian ini melibatkan 1 Guru BK, 1 Guru PPKN, dan37Siswa. Pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis bullying yang paling sering terjadi adalah bullying secara verbal dan fisik dengan siswi sebagai korbanterbanyak, dan program pencegahan sekolah belum optimal sehingga, perlu meningkatkan perhatian pada sekelompok rentan seperti siswi dan penguatan program pencegahan dengan melibatkan orangtua agar tercipta lingkungan belajar kondusif dan bebas bullying.
Kata Kunci : Bullying, Sekolah, Pencegahan
References
Amalia Putri, D. R., Nandang. (2022). PENYULUHAN DAN EDUKASI TENTANG PENCEGAHAN BULLYING TERHADAP ANAK.2(2), 5176–5182.
Ambarini, R., Indrariani, E. A., & Zahraini, A. D. (2018). Antisipasi Pencegahan Bullying Sedini Mungkin : Program Anti Bullying Terintegrasi untuk AnakUsia Dini. 2(2).
Amelia, N. P., Hendrawati, S., & Wilda, E. (2022). Perilaku Bullying dan
Dampaknya yang Dialami Remaja. 5(2), 1–12. Asie Tumon, M. B. (2014) Studi Deskriptif Perilaku. 3(1), 1–17.
Fitroh, I., Rosidi, M. I., Tasnur, I.,Hotimah, I. H., Arrazaq, N. R. (2023). Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo.3(2), 122–126.
Hamid, S. A. Mokoginta, S. (2023). Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah PertamaSalehAl Hamid 1 , Siti Mokoginta2. 4(2), 403–414. Murphy, T. P.,
Laible. D., Agustine,M., (2017). The Influences of Parent and Peer Attachment onBullying. https://doi.org/10.1007/s10826- 017-0663-2
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400.
Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas IslamJakarta, 186.
Risher, J., & Sarstedt, M. (2018). Whentouse and how to report theresultsofPLS-SEM. April 2019. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Rezapour, M., Khanjani, N., &Mirzai, M.(2019). Children and Youth Services Review Exploring associations between school environment and bullying in Iran : Multilevel contextual eff ectsmodeling. Children and YouthServices Review, 99(October 2018),54–63.
Refbacks
- There are currently no refbacks.