PENCEGAHAN BULLYING DI SEKOLAH: MEMBANGUN LINGKUNGAN YANG AMAN DAN MENGHORMATI

Alvina Aditya, Nabillah Aulia Khuriyani, Putri Farsya Khalishah, Amanda Nathania, Amelia Putri Agustin, Nurliana Nurliana, Nur Amelya, Nyimas Shafa Maullyza Setyadi, Lailli Nur Pitri Yanih, Syahiedah Amaliya

Abstract


Bullying saat ini merupakan masalah yang paling sering terjadi di lingkungan sekolah. Bullying atau perundungan sendiri mencakup tindakan kekerasan, penghinaan, dan tindakan-tindakan yang merugikan korban. Dampak untuk korban bisa menghambat proses belajar siswa di sekolah, korban dapat mengalami trauma dalam jangka yang panjang, bentuk fisik yang ditinggalkan akan membekas, dan menimbulkan rasa kurang percaya diri untuk tampil di depan banyak orang dan jika masalah tidak ditindak lanjuti maka sifat dari pelaku akan menjadi kebiasaan yang merugikan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi intervensi untuk mencegah intimidasi dan menciptakan lingkungan yang aman dan terhormat di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif, dimana narasumber mengangkat permasalahan serupa seperti bullying sebagai guru BK di SMPN 263 Jakarta. Hasil dari penelitian ini adalah mengungkapkan bahwa masih banyak siswa dan siswi
pelajar yang melakukan tindakan bullying dengan menyebutkan sebagai candaan terhadap diri sendiri maupun korban. Kesimpulan penelitian ini adalah akibat dari bullying yaitu resiko tinggi untuk kesulitan dalam belajar, dan anak cenderung lebih tertutup dan pendiam. Maka dari itu peran guru sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya pem-bullyan di lingkungan sekolah agar tercipta lingkungan aman dan saling menghormati. Dengan begitu siswa maupun siswi akan merasa aman dan nyaman melakukan kegiatan belajar di lingkungan sekolah.


Kata kunci: Perundungan, pencegahan, dampak.


References


Hapni, E., Fitri, N., & Fitriani, W. (2023). Bullying dan Peran Bimbingan Konseling di Lingkungan Sekolah SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(01), 322-330.

Thursina, F., Supriandi, S., & Sinaga, J. (2023). Hubungan antara Tingkat Kebutuhan untuk Mendominasi dengan Kecenderungan Bullying pada Siswa di Lingkungan Sekolah: Analisis Faktor-faktor Psikologis dan Lingkungan Sekolah. Jurnal Psikologi dan Konseling West Science, 1(03),

-172.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Nimas, A.R. (2023). Contoh Bullying di Sekolah: Kasus dan Cara

Mengatasinya. Diakses pada tanggal 19 desember 2023.

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6942070/contoh-5bullying-di-sekolah-kasus-dan-cara-mengatasinya

Yandri, H. (2014). Peran guru BK/Konselor dalam pencegahan tindakan bullying di sekolah. Jurnal Pelangi, 7(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.