PERAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Nur Ainun Rahayu Ningsih, Mutiara Cahya Kamila, Deviani Agustina Firmansyah, Vina Pandu Winata, Aida Nur Febriyanti, Najwa Salsabila, Silvia Nur Azizah, Yeyen Sukmawati, Jeni Artikah Putri, Zahratul Afiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran keluarga dalam pembentukan karakter terhadap anak usia dini. Metode Penelitian ini Menggunakan metode kualitatif dengan mengamati objek dan mengambil dari beberapa data desk riset dengan menggunakan data sekunder berupa laporan penelitian, artikel jurnal, artikel majalah dan berita online terkait dampak penggunaan internet pada anak dan peran orang tua dalam membentuk karakter anak. Hasil studi Syifa dkk. (2018)
menyimpulkan bahwa penggunaan gadget berdampak positif terhadap perkembangan psikologi anak, lebih tepatnya dalam ranah kognitif dan afektif. Kesimpulannya yaitu mereka sebenarnya bisa memanfaatkan internet dengan baik, tentunya dengan bimbingan dan pengawasan orang tua.

Kata kunci: orang tua, pendidikan, karakter anak, internet.


References


Chusna, Puji. 2017. “PENGARUH MEDIA GADGET PADA PERKEMBANGAN

KARAKTER ANAK.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17(2 SE-Articles). https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/dinamika/article/view/842.

Kadek Santya Pratiwi, Ni. 2018. “Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 3(1): 83–91.

Nurpratiwiningsih, Laelia. 2021. “Analisis Pembentukan Karakter Peserta Didik Dalam Penggunaan Gadget.” BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3(2 SE-): 119–27. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/506.

Rahmalah, Prajnidita Zaeny. 2019. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump 0(0): 302–10. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52/52%0Ahttps://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.